Jakarta (ANTARA) - Layanan pembayaran digital ShopeePay bersama dengan ukmindonesia.id meluncurkan buku panduan UMKM gratis bertajuk “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” untuk mempertegas dukungan kepada UMKM Indonesia.

Buku panduan ini hadir sebagai dukungan bagi pelaku UMKM di Indonesia, berisikan pedoman yang dapat membantu pelaku UMKM memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi, di antaranya melalui teknologi.

Baca juga: Pandemi dorong peningkatan penggunaan pembayaran digital

"Melalui buku panduan ini, kami ingin menghadirkan seperangkat pedoman yang dapat membantu siapapun dalam memulai suatu bisnis atau mengembangkan bisnisnya untuk dapat bangkit dari situasi pandemi," kata Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay Eka Nilam Dari, dikutip pada Selasa.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, UMKM di Indonesia memegang peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi di masa pandemi COVID-19, serta berkontribusi hingga 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) negara.

Namun, situasi pandemi juga telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kondisi UMKM di Indonesia, dan pelaku UMKM kerap dihadapi dengan berbagai tantangan untuk kembali bangkit dan mengembangkan bisnisnya.

Buku panduan “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” ini merangkum berbagai kiat sukses yang dapat berguna bagi pelaku UMKM dan dijabarkan dalam lima bab.

Beragam topik yang dibahas dalam buku panduan gratis tersebut termasuk rumus membangun branding untuk perluas pasar, strategi penentuan harga jual produk, strategi promosi melalui kanal digital, strategi kolaborasi untuk tingkatkan penjualan, serta strategi mengembangkan bisnis dengan ekosistem digital.

"Dengan berfokus pada digitalisasi UMKM yang tertuang dalam beragam materi, buku panduan ini memberikan ilmu pengetahuan yang mendasar, terstruktur, dan mengikuti perkembangan teknologi bagi pelaku UMKM mana pun yang ingin mengembangkan bisnisnya," kata CEO ukmindonesia.id Gilang Ageng.

Buku panduan UMKM “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay” merupakan bagian dari program Semangat UMKM Lokal yang diinisiasi oleh ShopeePay untuk mendorong perkembangan UMKM sejak Maret 2021, dan dapat diunduh secara gratis oleh pelaku usaha mana pun melalui tautan yang terlampir pada akun Instagram @ukmindonesiaid.


Baca juga: ShopeePay dan PMI hadirkan program donasi lawan COVID-19

Baca juga: ShopeePay adopsi Semua QRIS untuk perluas pembayaran digital

Baca juga: Langkah awal untuk buat "startup" digital

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022