Jambi (ANTARA) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) IV Jambi menyediakan 12 tempat istirahat bagi para pemudik yang melalui jalan nasional di Provinsi Jambi untuk dimanfaatkan mereka dengan baik sehingga selamat sampai tujuan mudik dan berkumpul bersama keluarga.

"Menghadapi arus mudik pada momen Idul Fitri 1443 Hijriah/2022, Balai Pelaksana Jalan Nasional IV Jambi mendirikan 12 'rest area' (tempat istirahat) yang dilengkapi dengan posko pelayanan di sepanjang jalur mudik di seluruh wilayah Provinsi Jambi," kata Kepala BPJN IV Jambi Bosar Pasaribu di Jambi, Selasa.

Dia mengatakan di antara 12 tempat istirahat itu, ada beberapa posko pelayanan yang di antaranya difungsikan sebagai posko bencana, seperti di jalan nasional di jalur Bangko hingga batas Sumatera Barat, tepatnya di Muara Emat dan Siulak, Kabupaten Kerinci serta Kota Sungaipenuh.

Langkah itu, katanya, diambil berkaca pada pengalaman sebelum-sebelumnya, di mana jalur mudik di Kerinci dan Sungaipenuh rawan longsor.

Baca juga: Pemprov Jatim berlakukan sistem buka tutup "rest area" di jalan tol

Maka dari itu, BPJN Jambi mendirikan posko bencana di daerah tersebut. Melalui posko bencana itu dititikberatkan penanganan korban bencana dengan menyediakan peralatan-peralatan lainnya.

Bosar Pasaribu juga mengatakan posko yang didirikan oleh BPJN Jambi di sepanjang jalur mudik nantinya juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat.

"Memang tidak semewah 'rest area' di jalan tol, namun bisa dimanfaatkan pemudik untuk istirahat dan nanti juga akan kita lengkapi dengan fasilitas air bersih dan MCK," kata dia.

BPJN Jambi memastikan ruas jalan di Jambi siap dilalui pemudik pada Idul Fitri 1443 Hijriah.

Saat ini, sejumlah ruas jalan sudah proses perbaikan, khususnya pada jalan yang berlubang, yang bisa membahayakan pemudik saat menggunakan jalan nasional itu, sedangkan marka jalan nasional di Jambi juga sudah dicat ulang.

Baca juga: Pengelola jalan Tol Cipali waspadai penumpukan kendaraan di rest area
Baca juga: Polres Batang buka layanan vaksinasi pemudik di rest area
Baca juga: Pedagang di "rest area" berharap bisa mengais rezeki mudik Lebaran

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022