Jakarta (ANTARA News) - Honda  Motor Co, Ltd meluncurkan robot ASIMO generasi terbaru yang bisa berlari lebih cepat, menendang bola, menyeimbangkan diri, lompat  satu kaki, menuang minuman, dan berpikir.

Siaran pers Honda menyebutkan, ASIMO generasi terbaru juga dapat bergerak tanpa dikendalikan oleh operator. Tingkat kecerdasannya secara signifikan meningkat, demikian juga kemampuan fisiknya. ASIMO generasi terbaru dlengkapi teknologi pertama di dunia-behavior control technology.

Robot humanoid tersebut terus disempurnakan oleh Honda untuk menjadi berguna bagi manusia dan membantu kehidupan sehari-hari.

Kemampuan intelijen ASIMO terbaru memiliki alur kerja mengevaluasi masukan dari beberapa sensor pendengaran, penglihatan, dan indera peraba sehingga mampu membuat perkiraan situasi di sekitar dan menentukan reaksi. Teknologi ini membuat ASIMO mampu merespon gerakan manusia dan situasi sekitarnya. ASIMO juga mengenali wajah dan suara bahkan pada beberapa orang yang berbicara bersamaan.
 
ASIMO generasi terbaru juga mampu memprediksi arah jalan seseorang sehingga bisa menghindari tabrakan.

Selanjutnya, robot humanoid itu kini mampu berjalan, lari, lari mundur, dan melompat. Dia mampu beradaptasi, misalnya  berjalan di atas permukaan yang tidak rata sambil mempertahankan posturnya dengan stabil.

Telapak tangan ASIMO memiliki sensor indera peraba dan kekuatan sensornya tertanam di dalam telapak tangan dan di masing-masing jari.  Sensor ini membuat ASIMO tangkas mengambil  botol beling dan memutar tutupnya, atau memegang cangkir dan menuangkan cairan. Selain itu, ASIMO terbaru juga mampu membuat ekspresi bahasa isyarat yang memerlukan gerakan jari yang sangat kompleks.
(ANT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011