Jakarta (ANTARA) - Boston Celtics sukses menyapu bersih Brooklyn Nets 4-0 pada putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA setelah memenangi Gim 4 116-112 di Barclays Center, New York, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Celtics menjadi tim pertama yang bisa melakukan sapu bersih seri pada fase playoff NBA musim ini dan di babak semifinal Timur nanti mereka bakal bertemu pemenang antara Milwaukee Bucks kontra Chicago Bulls.

Jayson Tatum jadi bintang utama kemenangan Celtics pada Gim 4 dengan raihan 29 poin meski harus terkena foul out dan hanya bisa menonton dari tepi lapangan pada sisa waktu dua menit 48 detik.

Baca juga: Ben Simmons dipastikan batal debut untuk Nets di Gim 4 kontra Celtics

Jaylon Brown menambahkan 22 poin, Marcus Smart mengemas 20 poin dan 11 rebound, Grant Williams memperoleh 14 poin, sedangkan Al Horford turut menyumbang 13 poin.

Kevin Durant tampil begitu perkasa bagi Nets dengan raupan 39 poin, sembilan assist, dan tujuh rebound.

Seth Curry membantu dengan 23 poin, Kyrie Irving 20 poin, Nic Claxton 13 poin, dan Goran Dragic 10 poin, tetapi itu semua tak cukup menghindarkan Nets dari kepastian menutup musim lebih awal, demikian catatan situs resmi NBA.

Sepanjang Gim 4, Celtics tak sekalipun mengalami berada di posisi tertinggal dari tuan rumah yang hanya mampu mengimbangi kedudukan tiga kali, itu pun hanya terjadi hingga awal-awal kuarter kedua.

Baca juga: Raptors jaga peluang, Celtics dorong Nets ke ambang eliminasi

Celtics memperlihatkan dominasi mereka sejak awal laga dan rentetan 10 poin tanpa balas pada pertengahan kuarter pertama sempat menciptakan marjin 22-12, sebelum periode itu ditutup dengan kedudukan 30-26 atas Nets.

Nets mencetak empat angka pertama kuarter kedua untuk menyamakan kedudukan 30-30, tetapi Celtics melesat lagi dengan rentetan poin 15-6 yang dilengkapi tembakan tripoin Smart demi membuat skor 45-36 pada sisa waktu empat menit 55 detik.

Tuan rumah lantas meraup delapan poin berikutnya tanpa balasan dan mendekat lagi 44-45 pada sisa waktu tiga menit 29 detik kuarter kedua melalui tripoin Curry, sayangnya momentum itu tak berlanjut dan Celtics bisa menutup paruh pertama dengan keunggulan relatif nyaman 58-50 berkat tripoin Robert Williams III.

Perlawanan Nets tampak mengendur sepanjang kuarter ketiga di mana Tatum membukukan 12 dari total 29 poinnya dan Celtics merasakan marjin keunggulan terjauh mereka 90-75 berkat layup Derrick White pada sisa waktu 36,8 detik.

Baca juga: Ben Simmons berencana lakoni debut bersama Nets di Gim 4 lawan Celtics

Kuarter keempat dibuka dengan layup Durant yang membuat Nets memangkas jarak lagi jadi 78-90 dan kerja keras mereka tampaknya bersambut dengan foul out yang diderita Tatum karena ia melakukan pelanggaran keenam ketika sisa waktu pertandingan tinggal dua menit 49 detik.

Ketika Tatum keluar Celtics cuma punya keunggulan tipis 109-103 dan tripoin Irving yang disusul floater Durant membuat Nets mendekat lagi 108-109 pada sisa waktu satu menit 28 detik.

Celtics bisa mengelola keunggulan mereka ditopang Brown dan Smart demi menjauh 115-109 pada sisa waktu 7,1 detik. Durant mendekatkan Nets 112-115 lewat tripoinnya pada sisa waktu 3,4 detik, tetapi Dragic melakukan pelanggaran yang berbuah dua lemparan bebas yang oleh Smart dikonversi satu di antaranya untuk mengunci kemenangan Celtics 116-112.

Celtics masih memiliki waktu istirahat yang cukup sebelum seri semifinal Timur, sebab Gim 5 Bucks kontra Bulls baru dimainkan di Fiserv Forum pada Rabu (27/4) waktu setempat di mana tuan rumah yang sementara memimpin 3-1 berpeluang memastikan langkah mereka.

Baca juga: Jayson Tatum kalahkan buzzer untuk bawa Celtics atasi Nets

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022