Jakarta (ANTARA) - Toronto Raptors membawa seri putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA ke kandang mereka lagi seusai menghantam Philadelphia 76ers 103-88 dalam Gim 5 di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Senin waktu setempat (Selasa WIB).

Pascal Siakam kembali jadi bintang kemenangan Raptors kali ini lewat raihan 23 poin dan 10 rebound yang dilengkapi tujuh assist, demi membantu timnya memperkecil ketertinggalan seri 2-3 dan memaksa Gim 6 dimainkan.

Precious Achiuwa yang memulai dari bangku cadangan menambahkan 17 poin, OG Anunoby dan Gary Trent Jr. masing-masing mencetak 16 poin, sedangkan Pemain Debutan Terbaik atau Rookie of the Year (ROTY) NBA musim ini Scottie Barnes turut menyumbang 12 poin bagi kemenangan Raptors.

Bintang utama Sixers, Joel Embiid, tetap gemilang meraup 20 poin dan 11 rebound meski tampil melawan rasa sakit atas kerobekan ligamen di jempol tangan kanannya yang sudah dikonfirmasi membutuhkan tindakan operasi.

Tobias Harris memperoleh 16 poin, James Harden mencetak 15 poin serta tujuh assist, Danny Green mendapat 14 poin, dan Tyrese Maxey mencapai 12 poin, tapi Sixers tampil dengan akurasi tembakan terbuka yang hanya menyentuh 38,3 persen saja, demikian catatan situs resmi NBA.

Kecuali karena dua angka pertama yang dicetak Harden dan hanya bertahan 21 detik sebelum Raptors membalas, Sixers melewatkan nyaris sepanjang laga mengejar ketertinggalan dari tamunya di hadapan publik Wells Fargo Center.

Raptors menutup periode pertama dengan keunggulan tipis 29-27, tapi melesat di awal kuarter kedua berbekal raihan 12 poin tanpa balas yang ditutup layup Siakam untuk menjauh 41-27 dari Sixers. Meski sempat terpangkas bersisa enam poin, Raptors mampu menjauh lagi 54-41 kala menyudahi paruh pertama pertandingan.

Sejak itu di dua kuarter berikutnya Raptors tak pernah membiarkan Sixers mendekat lebih dari tujuh poin dan nyaman mengunci kemenangan 103-85 dan jajaran pancamula seperti Siakam, Barnes, serta Anunoby sudah diberi waktu istirahat sebelum pertandingan memasuki sisa waktu satu menit.

Raptors berpeluang menyamakan kedudukan seri jadi 3-3 dan menciptakan sejarah sebagai tim pertama yang bisa bangkit dari ketertinggalan 0-3 di fase playoff NBA, tentunya apabila mereka mengalahkan Sixers dalam Gim 5 yang dijadwalkan berlangsung di Scotiabank Arena, Ontario, Kanada, pada Kamis (28/4) waktu setempat.


Baca juga: Celtics sapu bersih Nets 4-0
Baca juga: Joel Embiid didenda Rp216,5 juta karena kritik wasit
Baca juga: Raptors harus ladeni Sixers di Gim 5 tanpa Fred VanVleet
Baca juga: Ben Simmons dipastikan batal debut untuk Nets di Gim 4 kontra Celtics

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022