Jumlah kapal total semuanya masih tetap sama yakni 11 unit baik kapal perintis maupun kapal penumpang.
Kupang (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Kupang menyiapkan 11 armada kapal penumpang untuk melayani masyarakat di Nusa Tenggara Timur selama liburan Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Jumlah kapal total semuanya masih tetap sama yakni 11 unit baik kapal perintis maupun kapal penumpang," kata Kepala Cabang Pelni Kupang Syafran di Kupang, Selasa.

Ia mengatakan bahwa 11 kapal Pelni itu terdiri atas lima kapal penumpang dan sisanya adalah kapal perintis yang selama ini sudah melayani masyarakat di NTT.

Baca juga: Arus mudik lebaran 2022 di Pelabuhan Makassar meningkat

Lima kapal penumpang itu adalah KM Umsini, KM Awu, KM Bukit Siguntang, KM Wilis, serta KM Sirimau yang selama ini sudah melayani penumpang di NTT.

Sementara itu enam kapal perintis itu adalah Sabuk Nusantara 67, Sabuk Nusantara 87, Sabuk Nusantara 28, Sabuk Nusantara 108, Sabuk Nusantara 90, dan Sabuk Nusantara 104.

Sampai sejauh ini ujar Syafran arus mudik di NTT belum terlihat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelum pandemi COVID-19.

"Terakhir KM Umsini yang tiba pada Minggu (24/4) yang mengangkut pemudik 400 orang. Padahal bisanya bisa mencapai 2.000 penumpang," ujar dia.

Baca juga: Pelni: Arus mudik di Pelabuhan Pantoloan Palu melonjak 100 persen

Terkait tiket kapal Pelni untuk mudik ujar dia, calon penumpang bisa membelinya secara daring tetapi juga bisa langsung secara manual di loket penjualan tiket.

Para calon pemudik yang ingin menggunakan kapal Pelni diharapkan sudah menerima vaksin dosis ketiga atau vaksin dosis penguat sehingga bisa diizinkan untuk berlayar.

"Tetapi jika baru satu kali maka harus menunjukkan hasil tes PCR, lalu yang sudah vaksin kedua cukup tes cepat antigen," tambah dia.

Ia  mengatakan penumpang tetap harus mematuhi protokol kesehatan.






 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022