Tahun 2022 ini Alhamdulillah kami mendapatkan amanah dari "Muslim Aid" Inggris dan "Muslim Aid" Swedia untuk menyalurkan 1.000 paket pangan Ramadhan 1443 Hijriah kepada warga Aceh yang layak untuk mendapatkannya
Banda Aceh (ANTARA) - Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) menyalurkan sebanyak 1.000 paket pangan Ramadhan 1443 Hijriah untuk masyarakat Aceh yang tersebar di Kecamatan Seulimum dan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar bantuan dari "Muslim Aid" Inggris dan "Muslim Aid" Swedia.

Koordinator Program Ramadhan YKMI Teuku Zulkifli, dalam taklimat media yang diterima di Banda Aceh, Selasa mengatakan bantuan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun khususnya dalam bulan suci Ramadhan. Tujuannya untuk membantu masyarakat guna meringankan beban ekonomi.

“Tahun 2022 ini Alhamdulillah kami mendapatkan amanah dari 'Muslim Aid' Inggris dan 'Muslim Aid' Swedia untuk menyalurkan 1.000 paket pangan Ramadhan 1443 Hijriah kepada warga Aceh yang layak untuk mendapatkannya,” katanya.

Ia menjelaskan 1.000 paket bantuan pangan tersebut dibagikan kepada masyarakat dalam lima gampong atau desa di Kecamatan Seulimum dan satu desa di Kecamatan Lembah Seulawah.

YKMI membagikan bantuan secara langsung kepada masyarakat. Isi bantuan berupa beras 10 kilogram, telur ayam ras 30 butir, minyak goreng 2 liter, sirup 1 botol, tepung terigu 2 kilogram, margarin ukuran 200 gram 2 pack, dan gula pasir 1 kilogram.

“Pembagian dengan mekanisme voucher belanja di mana para penerima manfaat dapat menentukan pilihannya sendiri di toko yang telah ditunjuk oleh YKMI,” katanya.

Baca juga: Muslim Aid tanam pohon di lereng Merapi

Baca juga: Muhammadiyah Aid bangun pasar rekonsiliasi di Myanmar


Baca juga: Muslim Aid Inggris Bantu Korban Banjir Jakarta


YKMI, kata dia, adalah lembaga kemanusiaan berpengalaman dalam bidang masa tanggap darurat bencana, penyediaan air bersih, penguatan ekonomi masyarakat, dukungan terhadap yatim dan dhuafa serta program keislaman seperti Ramadhan dan Qurban.

“Selain pembagian pangan di Aceh, YKMI juga menyalurkan ribuan paket pangan Ramadhan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Riau, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat,” kata Teuku Zulkifli .

Sementara itu, Kepala Desa Teuladan Kecamatan Lembah Seulawah Muhammad Arifin mengatakan bantuan pangan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena bantuan pangan tersebut tersalurkan di tengah-tengah harga bahan pokok tinggi.

“Kami berterima kasih kepada YKMI dan juga Muslim Aid Inggris dan Muslim Aid Swedia atas bantuan paket pangan yang sangat terasa sekali manfaatnya, khususnya ketika harga-harga pangan beranjak naik, seperti minyak goreng,” kata Arifin.

Baca juga: Muslim Aid Sediakan Dana Ifthar Rp560 Juta Bagi Empat Provinsi

Baca juga: Cendekiawan Muslim Aceh salurkan bantuan Ramadhan untuk warga dhuafa

Baca juga: Etnis Tionghoa bantu paket Ramadhan untuk 2.140 kaum dhuafa di Aceh

Baca juga: Rumah zakat Aceh salurkan 400 paket Lebaran untuk anak yatim


 

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022