Tanjungpinang (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menyiagakan kapal laut hingga helikopter untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga yang melaksanakan mudik lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Kami sudah siapkan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan pada masa mudik Lebaran," kata Kepala Kantor SAR Tanjungpinang, Slamet Riyadi, di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, Selasa.

Baca juga: Basarnas Cilacap siagakan 64 personel pada masa Lebaran 2022

Kapal yang dia maksud adalah KN SAR Purworejo-Kapa 101 yang siaga di Dermaga Utama Badan SAR Nasional Wilayah Barat, di Sekupang, Batam, satu unit Kapal Rescue Boat 209 yang siaga di Dermaga Kampung Bulang Tanjungpinang, dua unit jetski, dan satu unit perahu karet cepat.

Untuk sarana udara, katanya, ada satu unit helikopter BO-1522 yang siaga di hanggar Wing Udara 1 Tanjungpinang, sedangkan sarana darat adalah dua unit mobil pertolongan, tiga unit truk angkut personel, satu unit mobil pertolongan cepat, satu unit mobil segala medan, dan dua unit kendaraan kompartemen.

Baca juga: Basarnas Sulsel siagakan personel dukung mudik Lebaran 2022

"SAR siap melayani para pemudik yang melalui jalur darat, laut, serta jalur udara khususnya daerah Kepulauan Riau," ujar dia.

Selain itu, lanjutnya, ada dua pos SAR serta satu unit siaga SAR yang disiapkan, di antaranya Pos SAR Batam yang ikut melaksanakan kesiapsiagaan Siaga SAR Khusus yang memiliki sarana laut, di antaranya perahu karet dan perahu karet cepat, sarana darat kendaraan pembawa pertolongan, dan kompartemen pertolongan yang digunakan untuk Siaga Lebaran.

Baca juga: Siaga SAR khusus Lebaran, Basarnas Mamuju siagakan 78 personel

Selanjutnya, ada juga Pos SAR Tanjung Balai Karimun serta Unit Siaga SAR Lingga yang masing-masing mempunyai sarana untuk mendukung siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022/1443 Hijriah.

"Kami imbau masyarakat yang akan mudik agar selalu menjaga keselamatan dan menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada diri sendiri, sehingga sampai ke tujuan,” ucapnya.

Baca juga: Lanal Banjarmasin siagakan tim SAR dan Jarkaplid hadapi momen Lebaran

Ia turut mengimbau personelnya agar memperhatikan keselamatan, menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19, bekerja secara profesional, militan, dan bersinergi dengan seluruh potensi SAR berdasarkan prinsip tanggap cepat SAR.

Pewarta: Ogen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022