Di sini bukan arus mudik, ya, melainkan arus wisata, jadi ramainya hari-H dan H+1 Lebaran 2022.
Gadog, Bogor (ANTARA) - SPBU Pertamina di rest area KM 35 ruas Tol Jagorawi mengantisipasi adanya peningkatan kebutuhan bahan bakar dari para pelaku perjalanan terkait dengan peningkatan volume kendaraan pada masa mudik dan libur Lebaran 2022.

Yayah, staf pengelola SPBU kepada ANTARA di rest area tersebut, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya melakukan berbagai persiapan seperti memastikan pasokan BBM serta hal-hal lain terkait dengan kebersihan dan menyiagakan enam petugas dalam satu sif, termasuk personel keamanan yang akan membantu mengatur antrean yang padat.

Ia memperkirakan puncak kepadatan antrean kendaraan yang hendak mengisi bahan bakar biasanya terjadi antara pukul 11.00 dan 14.00.

Persiapannya, antara lain, mengantisipasi peningkatan kebutuhan BBM sampai hari-H Idulfitri 1443 Hijriah (H1 dan H2) hingga H+1.

"Di sini bukan arus mudik, ya, melainkan arus wisata, jadi ramainya hari-H dan H+1 Lebaran 2022 dan seterusnya," ucap Yayah.

Yayah juga mengatakan bahwa pihak Pertamina sebagai pemasok stok bahan bakar juga cukup antisipatif.

"Pertamina selalu oke untuk memantau dan menyediakan bahan bakar cadangan. Ini sudah dipersiapkan," katanya.

Ia juga berpesan kepada para pelaku perjalanan untuk tidak mengkhawatirkan ketersediaan stok BBM di SPBU rest area KM 35 Tol Jagorawi.

"Insyaallah, ketersediaan bahan bakar tercukupi. Di sini, sih, belum pernah (kehabisan persediaan), 'kan Pertamina menyediakan juga," ujarnya.

Baca juga: Pertamina siapkan armada motor pengantar BBM di Jalur Pantura Kudus

Baca juga: Pemudik mulai bergerak hingga suplai BBM dan rekayasa lalu lintas


Hingga Selasa siang, wartawan ANTARA belum melihat adanya penumpukan kendaraan pribadi yang mengantre di SPBU KM 35 ruas Tol Jagorawi. Antrean tampak terjadi di area pengisian BBM jenis solar. Terlihat sejumlah kendaraan besar, seperti truk dan kontainer, bergantian mengisi bahan bakar.

Suasana rest area KM 35 sendiri juga terpantau lengang dan tak ada penumpukan kendaraan yang terjadi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memastikan bahwa pasokan bahan bakar minyak dalam kondisi aman untuk memenuhi kebutuhan selama masa mudik Lebaran 2022.

Arifin Tasrif memperkirakan kebutuhan BBM seperti pertalite dan biosolar akan mengalami kenaikan sebesar 10 hingga 14 persen pada masa mudik Lebaran 2022 jika dibandingkan dengan konsumsi harian.

"Untuk itu, Pertamina kami minta bisa menyediakan stoknya, sekaligus merencanakan operasi logistiknya, supaya BBM bisa tiba tepat pada waktunya," kata Arifin saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah SPBU di ruas mudik Tol Transjawa di Jawa Barat dan Jawa Tengah pada hari Kamis (21/4).

Baca juga: BPH Migas jamin ketersediaan energi selama Lebaran

Baca juga: Pertamina pastikan stok BBM mencukupi jelang Lebaran di Sumbagsel


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022