Pamekasan (ANTARA News) - Sebanyak 230 personel gabungan diterjunkan guna mengamankan kedatangan jamaah haji di Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin.

Kepala Bagian Operasional Polres Pamekasan AKP Supingi menjelaskan, ke-230 personel ini merupakan gabungan dari unsur polisi, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pamekasan.

"Pengamanan mulai kita lakukan Senin pagi hingga nanti malam dan Selasa (15/11) besok," kata Supingi.

Jamaah haji Pamekasan yang dijadwalkan tiba di Pamekasan Senin (14/11) ini yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 5.

Menurut Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pamekasan Juhedi, jamaah haji kloter 5 ini akan tiba di Pamekasan sekitar pukul 14.00 WIB.

"Ada beberapa titik lokasi penyambutan kedatangan jamaah haji yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksanaa pemberangkatan dan pemulangan haji Kemenag Pamekasan," kata Juhedi.

Antara lain, kata dia, di lapangan pendopo pemkab Jalan Kabupaten Pamekasan, di pertigaan Jalan Pamekasan - Sumenep, lapangan Brimob Jalan Raya Nyalaran, di area monumen Arek Lancor dan kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Khairat, Palengaan, Pamekasan.

Menurut Juhedi, jemaah haji asal Kabupaten Pamekasan yang tergabung dalam kloter 5 ini sudah tiba di Surabaya sekitar pukul 06.30 WIB Senin (14/11) pagi dan selanjutnya kembali ke Pamekasan.

Jumlah jamaah haji asal Kabupaten Pamekasan yang berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji 1432 Hijriah kali ini sebanyak 814 orang dari berbagai kelompok bimbingan ibadah haji di wilayah itu.
(KR-ZIZ/B013)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011