Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman mengatakan dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi modal kuat KONI DKI untuk mengantarkan atlet ibu kota terus prestasi.

"Tidak ada alasan untuk KONI DKI Jakarta tidak berprestasi. Dukungan besar yang diberikan Gubernur DKI Jakarta (Anies Baswedan) beserta jajarannya, saya rasa jadi modal kuat untuk bisa mengantarkan atlet-atlet meraih prestasi," kata Marciano usai melantik dan mengukuhkan kepengurusan KONI DKI Jakarta periode 2022-2026 di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa.

Marciano juga menyebut bahwa sumbangsih DKI untuk olahraga Indonesia cukup besar.

"Di tim nasional, kira-kira 20 persen itu adalah atlet DKI. Terus tingkatkan pembinaan dan manfaatkan sports science, sehingga performa atlet makin hari makin meningkat," katanya menambahkan.

Baca juga: Hidayat Humaid terpilih sebagai ketua umum KONI DKI Jakarta

KONI DKI Jakarta saat ini dipimpin Hidayat Humaid yang terpilih dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) XII KONI DKI Jakarta pada 12 Maret 2022.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hadir di lokasi pelantikan dan pengukuhan menyampaikan harapannya agar KONI DKI dapat terus meningkatkan prestasi melalui pembinaan yang dilaksanakan dengan lebih sistematis.

"Kami berharap kepengurusan baru ini bisa meningkatkan prestasi atlet DKI dengan terus menerus melakukan peningkatan pembinaan latihan secara sistemik," kata Anies.

"Meskipun melalui peningkatan yang kecil-kecil tapi apabila dikerjakan bertahap dan konsisten maka akan menghasilkan prestasi," ujarnya menambahkan.

Anies mengapresiasi peran 58 pengurus KONI DKI yang memiliki peran dibalik kesuksesan atlet berprestasi asal Jakarta. Pemprov DKI Jakarta akan mendukung kinerja KONI DKI Jakarta ke depannya.

"Masyarakat Jakarta memiliki harapan tinggi akan prestasi atletnya. Dan saya terima kasih kepada 58 orang yang dilantik pengurus, karena ini pekerjaan yang tidak sederhana. Pengurus bekerja dalam sunyi untuk memfasilitasi atlet agar makin berprestasi, jadi selamat bertugas untuk semua," pungkas Anies.

Baca juga: KONI Pusat: DKI Jakarta harus jadi barometer olahraga nasional
Baca juga: KONI Pusat optimistis prestasi Indonesia lebih baik di SEA Games 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022