Jakarta (ANTARA) - Platform e-dagang Shopee membagikan sejumlah tren belanja menarik selama periode kampanye Big Ramadan Sale 2022 pada 20 dan 25 April, salah satunya adalah peningkatan aktivitas belanja saat jam sahur.

"Selama kampanye berlangsung di bulan puasa dan lebaran, Shopee telah siapkan ragam promo dan produk yg dibutuhkan pengguna. Terdapat pula hal-hal menarik sepanjang kampanye ini," kata Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna, dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa.

Monica mengatakan, rutinitas sahur rupanya mempengaruhi aktivitas belanja pengguna, dimana pukul 03.30 hingga 05.30 WIB, jumlah kunjungan pengguna meningkat.

Selanjutnya, Shopee juga menghadirkan in-app game bertajuk Shopee Kolektor selama kampanye berlangsung dan dimainkan sebanyak lebih dari 90 juta kali.

"Antusiasme yang sama juga terlihat dari para penjual Shopee yang memanfaatkan berbagai fitur dan program untuk mempromosikan produknya di kampanye Big Ramadan Sale," kata Monica.

Baca juga: Shopee bagikan empat kiat "ngabuburit" anti-bosan

"Semangat para penjual ini dalam menghadirkan produk-produk untuk kebutuhan selama Ramadhan juga mendapat respons positif, karena produk seperti hijab, amplop lebaran, sandal pria, dan makanan instan menjadi produk favorit pengguna yang banyak dicari sepanjang Ramadhan," imbuhnya.

Selain itu, sepanjang kampanye tersebut, Monica mengatakan sebanyak 350 juta voucher telah diklaim pengguna pada dua hari puncak kampanye yang telah berlangsung.

Shopee juga menghadirkan program "Berbagi Tanpa Batas", dimana lebih dari Rp1,2 miliar zakat dan donasi telah terkumpul sejak awal kampanye hingga 25 April.

Nantinya, seluruh dana yang terkumpul hingga 5 Mei akan didistribusikan kepada mustahik melalui berbagai program bersama berbagai mitra lembaga antara lain Baznas, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan NU Care LAZISNU.

Shopee juga menggandeng Benih Baik untuk program donasi "Paket Berkah Ramadan Untuk #TemanKita".

"Kami bangga atas respons positif dari masyarakat, dimana hingga 25 April kemarin telah terkumpul donasi yang dapat memberikan senyuman pada #TemanKita dengan lebih dari 600 paket," kata VP Partnership & Program BenihBaik.com Denny Ramelan.

"Pengguna Shopee masih memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam program ini hingga 5 Mei dan donasi yang terkumpul nantinya akan kami salurkan ke beberapa titik wilayah di Jabodetabek," imbuhnya.

Sementara itu, Big Ramadan Sale 2022 akan kembali berlangsung di puncaknya pada 5 Mei mendatang dengan berbagai penawaran menarik.

Baca juga: ShopeePay luncurkan buku panduan kembangkan bisnis untuk UMKM

Baca juga: Kampus UMKM Shopee hadir di Malang siap asah talenta digital UMKM

Baca juga: Survei Ipsos rangkum "Super App" terbaik Asia Tenggara, Grab teratas

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022