Jakarta (ANTARA) - Vice President (VP) of Marketplace Tokopedia Yudhiaji Kusuma mengatakan antusiasme masyarakat dalam belanja dari (online) terus meningkat selama awal Ramadhan.

Yudhiaji mengatakan bahwa kategori "makanan dan minuman", "kecantikan", "perawatan diri", "fesyen", "ibu dan anak", serta "fesyen anak" menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi di Tokopedia dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Memasuki pertengahan bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Tokopedia membagikan lima cara agar masyarakat dapat memanfaatkan Tunjangan Hari Raya (THR) dengan cermat, dikutip dari siaran resmi pada Selasa.

1. Bayar zakat
Menurut Yudhiaji, zakat, donasi, dan wakaf yang dibayarkan masyarakat melalui Tokopedia mencapai Rp13 miliar pada Ramadhan tahun lalu.

"Untuk terus membantu masyarakat menyempurnakan ibadah di Ramadhan tahun ini, Tokopedia menghadirkan Kotak Amal Tokopedia," katanya.

Melalui Kotak Amal Tokopedia, Yudhiaji mengatakan masyarakat bisa membayar fidyah, zakat maal, zakat fitrah, maupun wakaf lewat halaman tersebut.

Baca juga: Tips kelola uang THR agar tak ludes begitu saja

2. Beli kebutuhan Lebaran
Lebaran cenderung identik dengan membeli pakaian baru. Hal ini menjadi momen yang tepat bagi UMKM lokal fesyen untuk menghadirkan berbagai produk demi memenuhi kebutuhan masyarakat, salah satunya Marvey Studio.

Jenama tersebut menyediakan beragam pilihan sepatu lokal kekinian dengan desain cantik. Pemilik Marvey Studio Vanya Yunisca mengatakan bahwa semua sepatu diproduksi oleh para perajin lokal.

"Dalam memproduksi sepatu, kami sangat memperhatikan kesejahteraan para perajin. Memakai produk kami artinya juga membantu ekonomi lokal bergerak," ujar Vanya.

3. Tabung!
Selain membeli berbagai kebutuhan lebaran, THR juga dapat dimanfaatkan untuk berinvestasi.

"Melalui Tokopedia Emas dan Tokopedia Reksa Dana masyarakat dipermudah untuk berinvestasi secara amanah dan sesuai prinsip syariah," ujar Yudhiaji.

4. Sajikan menu Lebaran khas daerah
Rindu kampung halaman bisa terobati melalui makanan khas yang disajikan saat menjamu kerabat di Lebaran. Tokopedia sendiri menyediakan Tokopedia Nyam sehingga masyarakat bisa berbelanja berbagai produk makanan dan minuman favorit dengan berbagai promo yang menarik.

5. Pererat silaturahmi
"Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada minggu pertama Ramadhan 2022 meningkat hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di Ramadan tahun sebelumnya," kata Yudhiaji.

Tokopedia menyediakan halaman Parsel Ramadan sehingga masyarakat dapat mempererat silaturahmi dengan saling berkirim parsel mulai dari berisi kue kering, makanan siap saji, alat makan, aromaterapi, hingga alat ibadah.

Baca juga: Cara agar uang tak berlalu begitu saja usai terima THR Lebaran

Baca juga: Kiat bila ingin manfaatkan uang THR sebagai tabungan

Baca juga: wagely luncurkan inisiatif "Bulan Penuh Berkah"

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022