... sudah siap...
Semarang (ANTARA) - Kepala Polda Jawa Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi, mengatakan, jalur selatan Jawa Tengah telah siap digunakan sebagai jalur alternatif saat arus mudik dan balik Lebaran 2022.

"Jalur sudah siap. Kami imbau masyarakat menggunakan jalur selatan selain tol dan pantura," kata dia, dalam siaran pers usai pantauan jalur selatan mulai dari Cilacap hingga Purworejo, Selasa.

Baca juga: H-6, jalur selatan Cianjur mulai dilalui pemudik

Menurut dia, pemudik bisa menggunakan jalur Selatan Jawa Tengah sebagai alternatif jika terjadi kepadatan lalu lintas.

Beberapa hal yang menjadi catatan a dari hasil pemantauan ini di antaranya masih minimnya lampu penerangan jalan, khususnya untuk pemudik yang melintas malam hari. Selain itu, Pos Pengamanan di Sampang, Kabupaten Cilacap, juga berperan penting dalam memecah kepadatan arus kendaraan dari arah utara yang akan menuju ke wilayah Banyumas.

Baca juga: BMKG imbau pemudik waspada potensi hujan di jalur selatan Jateng

Menurut dia, jangan sampai terjadi kepadatan saat arus lalu lintas dari wilayah Pantura yang menuju jalur selatan itu. Ia meminta jangan sampai terjadi kemacetan total serta para petugas diminta untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. "Tetap jaga kecepatan dan kewaspadaan. Semoga perjalanan mudiknya menyenangkan," katanya.

Baca juga: Jalur selatan Jabar mulai dilintasi kendaraan pemudik

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022