Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menggandeng TékenAja! dalam penyediaan tanda tangan elektronik dan e-meterai bagi perusahaan financial technology atau fintech pendanaan bersama agar transaksi menjadi semakin aman dan terpercaya.

Direktur Eksekutif AFPI Kuseryansyah mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kerja sama dengan TékenAja! terlebih saat ini potensi penipuan sedang marak di industri fintech sehingga kepercayaan konsumen menjadi berkurang.

"Kami berharap dengan mengimplementasikan tanda tangan elektronik dan e-meterai dari TékenAja!, perusahaan-perusahaan fintech yang terdaftar di AFPI dapat memberikan konsumen rasa aman dan nyaman sehingga dapat lebih berkembang dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi," kata Kuseryansyah dikutip dari siaran pers, Selasa.

Baca juga: Peruri imbau e-meterai tidak tumpang tindih dengan tanda tangan

Diketahui, TekenAja! adalah perusahaan rintisan dibawah naungan GDP Venture yang menyediakan layanan Tanda Tangan Elektronik pertama di Indonesia dengan status berinduk ke Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).

Dengan demikian, TékenAja! mempunyai kekuatan hukum yang sah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2019.

Kolaborasi bersama AFPI menjadi salah satu komitmen TékenAja! untuk berkontribusi dalam mewujudkan digitalisasi terutama dalam layanan keuangan elektronik yang aman, nyaman, dan efisien.

"Kami berkomitmen bahwa semua solusi dari TékenAja! akan memberikan manfaat keamanan bagi proses transaksi pelaku Fintech dengan para konsumennya terutama dalam perjanjian peminjaman," kata Rionald A. Soerjanto, Chief Operating Officer TékenAja!.

"Tingkat otentikasi yang digunakan oleh TékenAja! diakui di seluruh dunia sebagai otentikasi level 4, tolak ukur tingkat kepercayaan tertinggi yang menggunakan dua factor authentications. Pertama adalah what you have, yaitu data demografis dari database ID nasional (KTP), dan yang kedua adalah what you are, yang diverifikasi menggunakan teknologi face recognition biometric,” lanjutnya.

Saat ini, TékenAja! juga telah mengembangkan teknologi unggul, yang memanfaatkan data Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) untuk otentikasi biometrik dan verifikasi data demografis yang akurat, berguna dan bernilai tambah di berbagai sektor bisnis, baik swasta maupun pemerintah.

Baca juga: AFPI akan perkuat peran percepat pemulihan ekonomi nasional

Baca juga: AFPI: "Gap" kredit yang masih tinggi dorong kinerja industri fintech

Baca juga: Privy rilis materai elektronik

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022