Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin mendorong dilakukannya aksi nyata dalam membangun ekosistem kekayaan intelektual yang kuat guna merealisasikan visi Indonesia sebagai aktor utama ekonomi digital dunia.

Hal itu disampaikan Wapres pada Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Se-Dunia Tahun 2022 yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Selasa.

“Upaya merealisasikan visi Indonesia sebagai salah satu aktor utama ekonomi digital dunia perlu disangga dengan keberadaan ekosistem kekayaan intelektual yang kuat," ujar Wapres.

Baca juga: Ma'ruf Amin; Target pemerintah agar suplai minyak goreng tersedia

Wapres menyampaikan, skema kolaborasi dan sinergi serta penyelarasan kebijakan kekayaan intelektual dan pencapaian agenda pembangunan nasional, perlu dituangkan ke dalam aksi nyata.

Menurut Wapres, salah satu aksi nyata yang dapat dilakukan adalah dengan membuat Strategi Nasional Kekayaan Intelektual.

Di sisi lain, komitmen terhadap pengembangan UMKM, khususnya di bidang inovasi, juga harus diperkuat.

“Pemahaman akan urgensi perlindungan kekayaan intelektual menjadi salah satu aspek penting pemberdayaan UMKM agar UMKM semakin naik kelas. Diharapkan setidaknya 20 persen dari 64 juta UMKM yang ada di Indonesia dapat dilindungi kekayaan intelektualnya,” tutur Wapres.

Dengan demikian, sektor UMKM diyakini dapat berkontribusi aktif dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan produk asli buatan Indonesia pun dapat semakin diminati di pasar domestik maupun internasional.

Wapres berpesan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, untuk "melek" teknologi digital dan memanfaatkannya sebagai medium untuk mencapai kemajuan dan perubahan.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly melaporkan tema besar dalam peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia pada tahun ini adalah “IP and Youth: Innovating for The Better Future”.

Sementara tema nasional yang diangkat adalah “Memacu Kreativitas dan Inovasi untuk Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Ekonomi Intelektual dalam Inovasi dan Kreativitas”.

Menkumham menilai, tema ini sangat relevan karena generasi muda memiliki peran penting dalam membangun perekonomian nasional. Sebab, selain jumlahnya yang besar, generasi muda memiliki tingkat adopsi digital yang tinggi.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin akan shalat Id di Jakarta dan mudik ke Banten
Baca juga: Ma'ruf Amin harap masyarakat tidak mudik serempak
Baca juga: Wapres ingin kekayaan intelektual UMKM dilindungi

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022