Solo (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani memastikan siswa lulusan SMA bisa melanjutkan kuliah dengan program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Bagaimana (KIP) Kuliah bisa membantu anak-anak setelah lulus SMA bisa melanjutkan kuliah. Jadi KIP hadir melalui negara dan saya memfasilitasi hal tersebut agar anak-anak bisa melanjutkan kuliahnya dari golongan manapun," katanya pada Bimbingan Teknis Pemasaran Ekonomi Kreatif untuk Mahasiswa penerima KIP Kuliah di  Solo, Selasa.

Untuk KIP Kuliah saat ini diberikan kepada mahasiswa kurang mampu yang memiliki nilai akademik minimum IPK 3.00 . Pada tahun anggaran 2020, besaran bantuan biaya KIP Kuliah yang diberikan dipukul rata sebesar Rp2,4 juta/semester.

Sedangkan besaran bantuan biaya hidup disamakan untuk semua daerah, yakni Rp 700.000/bulan.

Baca juga: Kemendikbudristek : Semua siswa bisa daftar KIP Kuliah

Ia mengatakan sejauh ini hasil dari program tersebut sudah sangat baik. Meski demikian, tetap harus terus ditingkatkan.

"Ini merupakan surprise bagi saya, saya tidak menyangka apa yang saya lakukan bersama teman-teman yang ada di DPR RI ini ternyata sudah cukup membuahkan hasil. Walaupun masih dalam hasil kecil namun sudah terasa sedikit manfaatnya," katanya.

Bahkan, melihat hasil tersebut ke depan KIP Kuliah diharapkan bisa diberikan hingga jenjang S2.

"Saya akan mendorong ke depan bisa lanjut sampai S2," katanya.

Ia juga berharap ke depan jumlah penerima KIP bisa terus bertambah sehingga makin banyak siswa berprestasi namun dari keluarga kurang mampu berkesempatan mengenyam pendidikan hingga tingkat lebih tinggi.

"Target ke depan ini bisa terus berjalan, jumlahnya bisa bertambah banyak karena ini bermanfaat bagi anak-anak Indonesia, bukan hanya di Jawa Tengah," katanya.*

Baca juga: Kemendikbudristek: KIP Kuliah juga berlaku untuk PTS
Baca juga: LLDIKTI harapkan mahasiswa Kalimantan daftar KIP Kuliah Merdeka
Baca juga: KIP Kuliah Merdeka dorong mahasiswa kuliah di prodi unggulan

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022