Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, menyebutkan sebanyak 20.561 anak usia enam hingga 11 tahun di daerah itu sudah menerima vaksin COVID-19 dosis kedua.

"Sebanyak 20.561 anak atau 39,8 persen dari target vaksinasi 51.606 anak sudah divaksin COVID-19 dosis kedua ” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan di Aceh Timur, Selasa.

Baca juga: Aceh fokus tingkatkan vaksinasi COVID-19 bagi anak selama Ramadhan

Sedangkan dosis pertama, kata Sahminan, sudah mencapai 80,9 persen atau 41.747 anak. Sementara, untuk dosis ketiga belum ada anak yang mengikuti vaksinasi

Menurut dia, syarat menerima vaksin dosis ketiga rentang waktunya minimal tiga bulan setelah vaksinasi vaksin dosis kedua. Vaksinasi anak di Kabupaten Aceh Timur dimulai Januari 2022.

"Vaksin ini untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh terhadap COVID-19. Dengan vaksinasi, bisa mencegah dampak buruk jika terpapar demam virus corona," kata Sahminan.

Baca juga: Dinkes: 12.344 anak di Lhokseumawe sudah divaksinasi COVID-19

Ia mengatakan vaksinasi kepada anak terus dilakukan. Vaksinasi tersebut mendukung penerapan pembelajaran tatap muka. Vaksinasi juga sebagai upaya mengakhiri pandemi COVID-19.

Meskipun sudah divaksin, baik dosis pertama maupun dosis kedua, Sahminan mengingatkan anak-anak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Baca juga: Pemerintah dorong vaksinasi anak lebih diintensifkan

"Pandemi COVID-19 belum berakhir. Jadi, patuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," kata Sahminan.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022