Jakarta (ANTARA) - Toronto Raptors berhasil memenuhi tuntutan pelatih kepala mereka Nick Nurse untuk menembak lebih baik dan memanfaatkan secara optimal peluang-peluang terbuka ketika menjungkalkan Philadelphia 76ers 103-88.

Dalam Gim 5 yang dimainkan di markas Sixers di Wells Fargo Center, pada Senin (25/4) waktu setempat, Raptors sepanjang malam selalu menjaga konversi tembakan terbuka mereka di kisaran 50 persen dan berakhir dengan 51,2 persen, unggul jauh dibandingkan tuan rumah yang cuma mencapai 38,3 persen.

"Kami sebetulnya menghasilkan tembakan-tembakan sangat bagus di sebagian besar seri ini," kata Nurse sebelum pertandingan dimulai seperti dikutip dari situs resmi NBA, Selasa.

"Tapi itu belum cukup. Saya bilang para pemain, hari ini akan jadi saat yang tepat untuk mulai memanfaatkan peluang-peluang yang lebih terbuka," ujarnya menambahkan.

Hasilnya, Raptors untuk pertama kalinya di seri ini bisa mencapai tingkat konversi tembakan di atas 50 persen, setelah sebelumnya di Gim 1-4 hanya membukukan 48,8 persen, 42,7 persen, 44,2 persen dan 42,0 persen.

Tak hanya konversi tembakan terbuka 51,2 persen, Raptors juga mendominasi perebutan bola rebound 40 berbanding 37 serta mampu memanfaatkan 16 turnover yang dilakukan Sixers menjadi 20 poin tambahan.

Kemenangan kali ini mengantarkan Raptors memperkecil ketertinggalan seri jadi 2-3 dan memaksa Sixers untuk terbang ke Kanada lagi menjalani Gim 6 yang dijadwalkan berlangsung pada Kamis (28/4) waktu setempat.

Pascal Siakam, yang jadi bintang kemenangan Raptors mengemas 23 poin dan 10 rebound dilengkapi tujuh assist, mengklaim hasil ini tidak di luar perkiraan.

"Kami selalu tahu cara mengatasi keadaan," kata Siakam singkat.

Sementara Siakam dihinggapi optimisme besar, Raptors masih dihadapkan pada tugas berat menjadi tim pertama yang bisa bangkit dari ketertinggalan 0-3 untuk memenangi sebuah seri playoff NBA.

Nurse tak mau sesumbar karena jalur ini memang bukan situasi ideal yang direncanakannya, tetapi ia tetap mensyukuri kesempatan Raptors untuk melanjutkan musim belum sepenuhnya habis.

"Jelas ini bukan cara yang ingin kami tempuh, tapi kami senang masih berkesempatan berjuang," tutup Nurse.


Baca juga: Jayson Tatum setengah tak percaya Celtics sukses sapu bersih Nets
Baca juga: Ja Morant dinobatkan MIP NBA 2021-22
Baca juga: Luka Doncic bawa Mavericks memimpin 3-2 selepas lumat Jazz 102-77

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022