Makassar (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut VI (Lantamal) membuka kunjungan untuk umum atau open ship terhadap salah satu kapal perangnya, yakni KRI Malahayati-362 yang langsung diserbu siswa dari SMA Hang Tuah Makassar.

Komandan KRI Malahayati-362 Letkol Laut (P) Nurulloh Zemy Prasetyo di Makassar, Selasa, mengatakan open ship yang digelar Lantamal VI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya siswa SMA Hang Tuah yang langsung berkunjung saat mulai dibuka.

Baca juga: PAL Indonesia rampungkan modernisasi KRI Malahayati-362

"Kami sangat merespons dengan baik adanya kegiatan open ship seperti ini, utamanya kepada para pelajar yang masih sekolah agar menambah pengetahuan tentang Kapal Perang TNI AL," ujarnya.

Dia mengatakan, open ship yang dilaksanakan Lantamal VI ini sedikit terbatas karena saat ini masih dalam suasana puasa Ramadhan.

Baca juga: Putera Aceh ingatkan generasi muda pada Laksamana Malahayati

Ia mengaku jika open ship itu juga merupakan salah satu bagian dari promosi TNI AL kepada para pelajar agar mereka tertarik untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang Kemaritiman khususnya kecanggihan Alutsista yang dimiliki oleh TNI AL.
 
Letkol Nurulloh pun berharap besar jika nantinya para pelajar ini juga tertarik untuk mendaftar menjadi Prajurit TNI AL.

"Ini bagian dari promosi pengenalan TNI AL. Kami berharap tumbuh kesadaran dan kecintaan adik-adik terhadap dunia maritim khususnya di bidang militer. Semoga nanti jika lulus ada yang mendaftar menjadi prajurit TNI AL," ucapnya.

Baca juga: KRI Malahayati amankan perairan Bali jelang APEC

Saat open ship digelar, terlihat ratusan siswa antusias mengelilingi bagian-bagian kapal dan mencari tahu fungsi dan kegunaannya.

Selain itu, tidak sedikit siswa melakukan swafoto untuk mengabadikan momen saat berada di atas salah satu kapal perang kebanggaan Indonesia.

Baca juga: TNI AL luncurkan dua kapal perang karya anak bangsa

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022