Jakarta (ANTARA) - Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Andi Afdal mengatakan Posko Mudik BPJS Kesehatan menyediakan layanan seperti konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat darurat dan pemberian rujukan bila diperlukan.

"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya. Dan setiap hari kami sediakan seratus takjil gratis, silakan berkunjung," kata Afdal melalui siaran pers di Jakarta, Selasa.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit bila harus segera mendapatkan layanan medis lebih lanjut.

BPJS Kesehatan mendirikan Posko Mudik di tujuh titik. Posko tersebut didirikan karena diprediksi antusiasme pemudik tahun ini tinggi mengingat sudah dua tahun masyarakat menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi COVID-19.

Baca juga: Bandara Soetta terima permintaan 720 tambahan penerbangan

Ketujuh titik tersebut yaitu Terminal Pulo Gebang Jakarta, rest area tol Cikampek KM 57, rest area tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma KM 260B Brebes dan rest area Cipali KM 164B Majalengka.

Posko Mudik BPJS Kesehatan ini beroperasi mulai 26 April - 1 Mei 2022 dan selama arus balik mulai 4-8 Mei 2022, khusus di dua tempat yakni di rest area tol Trans Jawa.

Menurut dia, posko akan beroperasi selama 24 jam penuh dengan tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis dan satu pengemudi ambulans.

Baca juga: Dua tahun tak mudik, pemudik ke Sumatera curhat rindu pantai-makanan
Baca juga: KAI harap program Motis Lebaran ringankan beban lalu lintas darat

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022