Sidoarjo (ANTARA) - BPJS Kesehatan membuka posko mudik dan balik Lebaran di dalam Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang untuk konsultasi kesehatan, pijat relaksasi, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan medis sederhana.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan Edwin Aristiawan saat pembukaan posko Selasa mengatakan di posko tersebut juga disiagakan ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

"Kami memprediksi antusiasme pemudik tahun ini luar biasa, mengingat sudah dua tahun kita menahan diri untuk tidak mudik akibat pandemi COVID-19," katanya di sela pembukaan posko di Terminal Purabaya.

Ia mengatakan, pelayanan kesehatan di posko tersebut tetap mengedepankan standar protokol kesehatan.

Baca juga: 34 ruas jalan di wilayah Jawa Barat siap dilalui pemudik

Baca juga: Dinkes Jawa Barat ingatkan pemudik "pergi sehat, pulang sehat"


"Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkan," katanya.

Ia mengatakan, di dalam posko tersebut juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk memanfaatkan berbagai kanal digital yang disediakan BPJS Kesehatan untuk memudahkan urusan administratif.

"Misalnya, aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Care Center 165, Chat Assistant JKN (CHIKA), dan Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA) Terintegrasi di nomor 0811 8165 165," ujarnya.

Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam.

"Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans," katanya.

Ia menambahkan, tidak hanya di Terminal Purabaya pembukaan posko BPJS Kesehatan juga dilakukan di lokasi lainnya seperti di Terminal Pulogebang Jakarta, rest area tol Cikampek Km 57, rest area tol Ungaran Km 429, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, rest area Banjaratma Km 260B Brebes, dan rest area Cipali Km 164B Majalengka.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dalam kesempatan itu mengapresiasi posko mudik BPJS Kesehatan tersebut guna memastikan peserta JKN-KIS maupun masyarakat luas dapat menjalani mudik lebaran 2022 dengan aman dan nyaman.

"Pemerintah memperkirakan kurang lebih 85,5 juta orang akan melaksanakan mudik tahun ini yang dilakukan lebih banyak melalui jalur darat, termasuk salah satunya di Terminal Purabaya di Bungurasih ini," kata pria yang akrab disapa Gus Muhdlor itu.

Ia mengatakan Terminal Purabaya di Bungurasih merupakan terminal penghubung dari Jawa bagian Barat menuju Jawa bagian Timur, Bali ataupun sebaliknya.

"Oleh karenanya dirinya berharap posko mudik kali ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat," ujarnya.*

Baca juga: BPBD imbau pemudik waspada melewati daerah rawan bencana Jabar

Baca juga: Dishub Jawa Barat minta pemudik waspadai 49 titik kemacetan

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022