Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Mochammad Afifuddin mengungkapkan bahwa terdapat tiga dari sembilan draf Peraturan KPU (PKPU) tersebut telah melalui uji publik.

“Yang sudah melalui tahap uji publik ada tiga, yakni PKPU Tahapan, Verifikasi Partai, sama Daftar Pemilih. Lainnya ya tunggu beberapa hal yang akan dibicarakan bersama dengan beberapa pihak,” kata Afifuddin kepada wartawan di Media Center KPU RI, Jakarta, Selasa.

Ia mengungkapkan bahwa KPU akan melanjutkan pembicaraan mengenai PKPU setelah Lebaran. Mengingat jadwal pelaksanaan yang telah semakin dekat, Afifuddin mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai PKPU yang harus segera dibahas.

“Yang biasanya bertahap, ini udah kami siapkan yang banyak. Biar nanti ketika sudah pembahasan, bisa banyak (PKPU) yang masuk,” ucap dia.

Meskipun demikian, ketiga PKPU tersebut, yakni PKPU Tahapan, PKPU Verifikasi, dan PKPU terkait Daftar Pemilih merupakan tiga PKPU yang telah melalui pembahasan paling matang dan siap untuk disahkan.

PKPU Tahapan merupakan PKPU yang krusial karena pembahasan mengenai anggaran Pemilu 2024 akan sangat bergantung pada PKPU Tahapan. Sementara itu, KPU sedang mematangkan PKPU lainnya.

“Masih menanti pembahasan beberapa hal dalam forum tripartit antara KPU, Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu),” tutur Afifuddin menjelaskan.

Pembahasan dalam forum tripartit, tutur ia melanjutkan, merupakan pembahasan yang penting karena bertujuan untuk menyatukan persepsi atau pandangan antara ketiga lembaga penyelenggara pemilihan umum tersebut, sebelum nantinya PKPU akan menjalani uji publik.

“Jadi, ada forum lebih internal dulu untuk memberikan pemahaman yang sama dari sisi yang merumuskan maupun pihak lain yang kami mintakan masukan,” kata Afifuddin.

Baca juga: Bagja: Bawaslu-DPR RDP PKPU dan anggaran pemilu pada Rabu
Baca juga: Kode Inisiatif: Anggota KPU baru segera tetapkan PKPU
Baca juga: KPU akan terapkan prinsip perlindungan data pribadi dalam PKPU

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022