Lebak (ANTARA News) - Puluhan pohon di sejumlah ruas jalan protokol di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, roboh diterjang angin kencang disertai hujan deras dengan petir pada Senin.

Angin kencang disertai hujan deras dan petir melanda wilayah Rangkasbitung pukul 14.00 WIB hingga 17.00 WIB dan merobohkan puluhan pohon dan warung milik warga sekitar Ranca Indah Rangkasbitung.

Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

"Kami perkirakan sekitar 20 pohon tumbang akibat diterjang angin kencang disertai hujan lebat dan petir," kata Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan Kabupaten Lebak Iwan Ridwan.

Sebagian besar pohon yang roboh berada di ruas jalan protokol, di antaranya jalan Hardiwinangun, Multatuli, dan depan Kantor Pemerintah Kabupaten Lebak.

Selain itu, dua tiang listrik berikut kabelnya roboh dan membahayakan.

Pohon-pohon yang roboh itu memang usianya sudah tua dan berjenis akar tunggal. "Hujan deras disertai angin kencang tidak ada korban jiwa," katanya.

Sementara itu, Koordinator Unit Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Serang, Halim Perdanakusumah mengaku selama ini cuaca buruk masih berpeluang di wilayah Kabupaten Lebak karena memasuki masa transisi dari kemarau ke musim hujan.

"Kami mengimbau jika hujan deras disertai angin kencang dan petir yang terjadi siang sampai sore hari diminta waspada," ujarnya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011