Banda Aceh (ANTARA) - Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (FK USK) Banda Aceh melantik 16 dokter spesialis, salah satunya ahli kardiologi dan itu merupakan yang perdana dari kampus tersebut.

"Alhamdulillah, tak terasa FK USK akhirnya meluluskan seorang dokter spesialis kardiologi perdana. Semoga akan banyak spesialis kardiologi yang lahir dari sini,” kata Dekan FK USK Prof Maimun Syukri, di Banda Aceh, Selasa.

Adapun 16 dokter spesialis yang baru diluluskan tersebut yakni lima orang ilmu bedah, satu ilmu kebidanan dan penyakit kandungan, dua orang ilmu kesehatan anak, satu orang neurologi, dua orang THT-KL.

Kemudian, ada tiga orang anestesiologi dan reanimasi, satu ilmu penyakit dalam, serta satu orang Ilmu jantung dan pembuluh darah (kardiologi). Selain dokter spesialis, FK USK juga meluluskan dua magister kesehatan masyarakat.

Baca juga: FK USK Banda Aceh meluluskan 17 dokter spesialis

Baca juga: Guru Besar USK Banda Aceh kembangkan paprika mikoriza daerah tropis


"Berterimakasihlah pada orang terdekat, ayah, ibu, istri, anak. Keluarga besar serta sahabat. Saya mengucapkan selamat atas capaian saudara. Jagalah almamater dimanapun berada," ujar Prof Maimun.

Prof Maimun menyebutkan, FK USK telah mencatatkan sejarah keberhasilan meluluskan dokter spesialis ilmu jantung dan pembuluh darah (Kardiologi) atas nama Lyra Febriana.

"Yang bersangkutan telah melewati perjuangan yang patut diapresiasi, lulus setelah menempuh proses pendidikan spesialis dalam waktu empat tahun," katanya.

Selain itu, kata Prof Maimun, untuk transformasi USK ke PTN BH sedang menunggu SK dari Presiden, nantinya akan memudahkan mereka dalam membuka beberapa prodi baru yang sedang dipersiapkan. Karena status PTN BH lebih leluasa, sebab prosesnya tidak sepanjang PTN BLU.

Kemudian, Prof Maimun memastikan tahun ini FK USK sudah bisa menerima kuota maksimal yaitu 250 mahasiswa baru karena telah memenuhi syarat dan ketentuan dari Kemendikbud Ristek.

Sementara itu, Rektor USK Prof Marwan menyampaikan rasa bangga dan selamat kepada para lulusan, dan jika mereka hendak melanjutkan kembali pendidikannya, USK selalu terbuka menerima. Apalagi telah memiliki prodi S3 Ilmu Kedokteran.

“Spesialnya tentu sejarah FK USK telah meluluskan dokter spesialis kardiologi perdana. Kepada lulusan, semoga ilmu yang anda peroleh bermanfaat kepada masyarakat luas,” kata Prof Marwan.

Rektor berharap, para dokter spesialis lulusan FK USK bisa terjun ke berbagai lapisan masyarakat, terutama mengabdi di daerah terpencil.

Menurutnya, sebaran yang merata dokter spesialis di berbagai kabupaten/kota yang dibutuhkan. Karena selama ini, dokter spesialis dominan berada di perkotaan.

Selain itu, Prof Marwan juga mengingatkan agar para lulusan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik.

“Terus tingkatkan kemampuan komunikasi, ini penting dan akan menunjang pelayanan bagi masyarakat," demikian Prof Marwan.*

Baca juga: Prof Marwan jabat Rektor Universitas Syah Kuala 2022-2026

Baca juga: Universitas Syah Kuala ingatkan peserta SBMPTN cermat saat mendaftar

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022