Jakarta (ANTARA) - Kevin Durant menyebut banyak faktor yang mempengaruhi tersisihnya Brooklyn Nets dalam putaran pertama playoff Wilayah Timur NBA, tetapi ia menegaskan yang utama adalah tetaplah kenyataan bahwa Boston Celtics tampil lebih baik.

Dihuni dua nama mentereng seperti Durant dan Kyrie Irving, ditambah lagi kedatangan Ben Simmons melalui skema barter, membuat Nets dianggap sebagai tim yang terlalu kuat untuk menempati spot playoff Timur.

Namun, nyatanya anggapan itu tiba-tiba seperti jadi omong kosong belaka, sebab Nets menjadi satu-satunya tim peserta playoff yang gagal mengantungi satu kemenangan pun musim ini.

Celtics merebut Gim 4 116-112 di Barclays Center, New York, Senin (25/4) waktu setempat, demi menyapu bersih kemenangan seri 4-0 atas Nets dan jadi tim pertama yang lolos ke semifinal wilayah.

Baca juga: Celtics sapu bersih Nets 4-0
Baca juga: Jayson Tatum setengah tak percaya Celtics sukses sapu bersih Nets


"Banyak hal yang mungkin bisa jadi faktor mengapa kami tersisih, tapi pada dasarnya mereka (Celtics) adalah tim yang tampil lebih baik," kata Durant selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Selasa.

Gim 4 sebetulnya jadi penampilan terbaik Durant di seri ini, di mana ia mampu membukukan 39 poin, sembilan assist dan tujuh rebound setelah Celtics begitu mujarab meredam ruang gerak pemilik dua cincin juara NBA itu.

Di tiga gim pertama, Durant hanya diizinkan mencetak 19 dari 52 percobaan terbukanya dan tercatat 17 kali melakukan turnover atau kehilangan penguasaan bola.

Bahkan, kendati di Gim 4 secara perolehan akhir mentereng, Celtics masih relatif bisa meredam Durant yang mencetak 13 dari 31 percobaan terbuka dan hanya tiga dari 11 tembakan luar busur.

Hasil ini membuat Durant merasakan lagi kekalahan di putaran pertama playoff sejak terakhir kali mengalaminya saat masih berseragam Oklahoma City Thunder pada 2010.

Baca juga: Alex Caruso masuk protokol cedera gegar jelang Gim 5 Bulls vs Bucks
Baca juga: Jason Kidd bilang Doncic tampil seperti tak pernah absen dari playoff


Salah satu faktor lain yang mungkin dimaksud Durant mempengaruhi tersisihnya Nets adalah harapan semu kehadiran Ben Simmons yang hingga musim berakhir tak kunjung melakoni debut bersama tim barunya.

Simmons tiba via skema barter dari Philadelphia 76ers yang membuat James Harden menyeberang ke arah berlawanan pada tenggat transaksi Februari dan datang dalam keadaan memulihkan diri dari cedera punggung yang dideritanya.

Pekan lalu kubu Nets optimistis Simmons akhirnya bisa melakoni debut di Gim 3 atau Gim 4, tetapi harapan itu jadi pepesan kosong sebab si pemain pada Minggu (24/4) mengeluhkan rasa sakit lagi di punggungnya.

Sebagaimana Durant, Kyrie Irving yang melewatkan sebagian besar gim kandang musim reguler karena regulasi mandat vaksin di New York memilih untuk mengakui nasib yang didapati Nets adalah buah kegagalan mereka sendiri.

"Kekecewaan, sedikit kesedihan, sebab kami tidak bisa bermain baik sebagai tim seperti yang kami inginkan," kata Irving.

Baca juga: Raptors penuhi tuntutan Nick Nurse untuk menembak lebih baik
Baca juga: Ja Morant dinobatkan MIP NBA 2021-22

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022