Jakarta (ANTARA News) - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) memberikan pernyataan pra efektif kepada PT Erajaya Swasembada yang berencana melakukan penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

"Hari ini Bapepam-LK telah memberikan surat pra efektif untuk pernyataan pendaftaran PT Erajaya Swasembada Tbk yang akan melakukan penawaran umum perdana saham," ujar Kepala Biro Penilaian Keuangan Perusahaan Sektor Jasa Bapepam-LK Gonthor Riyantori Aziz di Jakarta, Senin.

Dikemukakan, Erajaya Swasembada akan melakukan penawaran umum saham perdana sebanyak-banyaknya 1,32 miliar lembar saham. Dalam pelaksanaan IPO itu, Erajaya menggunakan laporan keuangan Juni 2011.

Gonthor mengatakan, rencananya hasil dana penawaran umum perdana saham Erajaya Swasembada sebesar 42 persen akan digunakan untuk pelunasan surat sanggup (promissory notes) dalam rangka pembelian West Swan Overseas Ltd.

Selain itu, lanjut dia, dana IPO juga akan digunakan untuk kegiatan pengembangan jaringan distribusi dan ritel perseroan sekitar 16 persen, dan 42 persen untuk modal kerja perusahaan dan anak perusahaan.

Adapun penjamin emisi efek yang telah ditunjuk untuk rencana penawaaran saham perdana perseroan yakni, PT Buana Capital. PT Erajaya Swasembada merupakan penjual ritel resmi untuk merk handphone Nokia, Samsung, dan lainnya.

(ANTARA)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011