Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas wushu Indonesia, Novita, mengatakan mayoritas atlet putri yang tampil pada SEA Games Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei, berstatus debutan.

Secara keseluruhan, Indonesia bakal menurunkan 16 atlet pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-31 tersebut dan delapan di antaranya adalah atlet putri.

Dari daftar atlet putri, hanya dua nama yang tercatat pernah tampil pada SEA Games sebelumnya pada 2019 di Filipina yakni Rosalina Simanjuntak (sanda 52kg) dan Nandhira Mauriska (Changquan, Jianshu, Qiangshu).

Selebihnya adalah atlet debutan yakni Junita Malau (sanda 48kg), Mellysa Try Andani (sanda 56kg), Thania Kusumaningtyas (sanda 60kg), Eugenia Diva Widodo (Daoshu/Gunshu), Alisya Mellynar (Taijiquan dan Taijijian), dan Zoura Nebulani (Changquan, Jianshu, Qiangshu).

Baca juga: Atlet pelatnas SEA Games turun di Road to Airlangga Hartarto Cup

"Pada sektor putri, rata-rata adalah debutan. Meski demikian, semua punya peluang untuk meraih medali emas. Tetapi setidaknya target ada di perak dan perunggu," ujar Novita saat ditemui di Jakarta, Selasa.

Sedangkan pada sektor putra, atlet yang pernah tampil pada SEA Games 2019 adalah Edgar Xavier Marvello (Changquan, Daoshu/Gunshu), Seraf Naro Siregar (Changquan, Daoshu/Gunshu), Harris Horatius (Nanquan, Nandao, Nangun), Abdul Haris Sofyan (sanda 65kg), Laksamana Pandu Pratama (sanda 56kg), Puja Riyaya (sanda 70kg).

Sisanya baru kali pertama tampil di pesta olahraga dua tahunan tersebut yakni, Nicholas (Taijiquan dan Taijijian) dan Jumanta (sanda 60kg).

Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) menargetkan tiga medali emas pada SEA Games Hanoi. Menurut manajer timnas wushu Iwan Kwok target tersebut dinilai realistis.

"Kami memang menargetkan tiga medali emas dan kami tidak berani menargetkan lebih dari itu karena kami mengalami kesulitan memantau peta kekuatan lawan mengingat banyaknya turnamen internasional tidak bisa digelar akibat dampak dari pandemi COVID-19 melanda dunia," kata Iwan Kwok.

Baca juga: Wushu hanya berani targetkan tiga emas pada SEA Games Vietnam
Baca juga: Timnas wushu libatkan penata rias artis profesional di SEA Games 2021

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022