Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Brooklyn Nets Steve Nash mengisyaratkan bahwa situasi terkait tak terwujudnya debut Ben Simmons sejak tiba dari Philadelphia 76ers sedikit banyak juga dipengaruhi aspek mental.

Simmons tiba dari Sixers via skema barter dan James Harden menyeberang ke arah berlawanan pada tenggat transaksi Februari lalu, tetapi hingga kini ketika musim Nets harus berakhir lebih dini Simmons tak kunjung melantai.

Pemenang penghargaan Pemain Debutan Terbaik atau Rookie of the Year (ROTY) NBA 2017-18 itu datang setelah menolak sama sekali bermain untuk Sixers sebelum barter karena merasa dijadikan kambing hitam kekalahan di semifinal Timur 2021.

Ditambah lagi, ia berkutat dengan cedera punggung kambuhan, yang masih membutuhkan proses pemulihan dan Simmons akhirnya menjalani tindakan epidural pada Maret dengan harapan mengurangi rasa sakit yang dideritanya serta memuluskan jalannya untuk kembali melantai.

Baca juga: Cedera hamstring di Gim 4, Donovan Mitchell klaim ia baik-baik saja

Optimisme di kubu Nets sempat mengembang ketika Simmons menyatakan siap untuk bermain di Gim 3 atau Gim 4 putaran pertama playoff Timur melawan Boston Celtics.

Namun, situasi kembali berkembang negatif, dan Simmons mengeluhkan rasa sakit yang sama pada Minggu (24/4) hanya sehari sebelum Nets menjalani Gim 4 sebagai penentuan nasib mereka yang sudah tertinggal 0-3 dari Celtics.

Yang terjadi kemudian adalah Simmons kembali "mengingkari" harapan bisa melakoni debut dan Nets menelan kekalahan 112-116 dari Celtics dalam Gim 4 di Barclays Center, New York, Senin (25/4) setempat.

Celtics menyapu bersih seri 4-0, sementara Nets menutup musim lebih awal dan Nash mengakui bahwa situasi Simmons tidak bisa dilepaskan dari hadangan aspek mental yang dihadapi si pemain.

Baca juga: Jason Kidd bilang Doncic tampil seperti tak pernah absen dari playoff

"Saya rasa Ben sendiri sudah pernah berbicara bahwa ada aspek mental dari situasi yang dialaminya, tapi seberapa besar dan sejauh mana itu bukan pada posisi saya untuk membicarakannya," kata Nash selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Selasa.

Nash menegaskan bahwa seluruh anggota tim Nets berusaha memberikan dukungan yang dibutuhkan Simmons baik secara mental maupun proses kembalinya ke atas lapangan.

"Dari segi organisasi, kami sudah berusaha mendukung Simmons dengan cara apapun untuk membantunya meningkatkan kondisi fisik dan kembali ke lapangan, juga dari segi mental yang menjadi satu kesatuan," ujarnya.

"Keduanya tidak bisa dipisahkan, dan itu bukanlah sesuatu yang kami coba abaikan. Kami ingin membantunya jika dia membutuhkan dalam semua aspek kehidupannya maupun performanya," tutup Nash.

Baca juga: Durant sebut banyak faktor Nets tersisih, yang utama tetaplah Celtics

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022