Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Rita Maria, SpKK mengatakan keseimbangan mikrobioma merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Ia mengatakan kulit kepala memiliki bentuk kehidupan atau ekosistem, sama seperti bagian lain pada tubuh. Ia menjelaskan bahwa mikrobioma merupakan ekosistem kompleks yang tersusun atas berbagai jenis mikroorganisme.

"Keseimbangan mikrobioma kulit kepala memainkan peran besar dalam kesehatan dan kemampuannya untuk mendukung keindahan rambut," kata Rita yang kerap memberikan edukasi ke masyarakat melalui akun Instagram @dokterkulitbicara melalui siaran resmi, Rabu.

Baca juga: Berapa kali dalam seminggu harus keramas? ini kata ahli

Menurut Rita, kondisi rambut akan tampak kusam dan kulit kepala rentan terhadap masalah, seperti ketombe, ketika mikrobima di kulit kepala terganggu oleh agresi eksternal.

Ia menambahkan bahwa prebiotik dan probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan mikrobioma di area kulit kepala, menciptakan kulit kepala sehat serta rambut yang kuat dan berkilau.

Kedua zat tersebut dapat sekaligus berperan sebagai perawatan tambahan untuk masalah kulit kepala seperti dermatitis seboroik, ketombe, kebotakan/kerontokan rambut (alopesia androgen, alopesia areata, alopesia sikatrikal).

Berdasarkan data Kantar 2020 tentang layanan profesional (professional services), kesehatan dan keseimbangan kulit kepala menjadi permasalahan bagi sebagian besar orang di Indonesia, terutama mereka yang tinggal di kota besar. Kulit kepala berketombe, berminyak, gatal, dan sensitif menjadi keluhan yang paling sering dirasakan konsumen.

Berbagai faktor eksternal seperti polusi, tingkat stres berlebih, diet yang tidak seimbang, pemakaian alat pengering rambut yang berlebihan, hingga faktor genetik, dapat memberi pengaruh buruk pada keseimbangan ekosistem kulit kepala.

Oleh sebab itu belum lama ini, brand perawatan rambut Kérastase memperkenalkan serum terbaru Potentialiste dengan microbiome science yang diklaim dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Menurut Kérastase, serum Potentialiste sesuai untuk semua jenis kulit kepala dan dapat digunakan oleh pria maupun wanita.

Brand General Manager Kérastase Indonesia Reny Agustia mengatakan bahwa Potentialiste dirancang untuk menyeimbangkan mikroorganisme yang menjaga kulit kepala agar tetap bekerja secara optimal.

"Produk ini merupakan sebuah terobosan inovatif dan menjadi solusi bagi masyarakat urban untuk menjaga kesehatan dan keseimbangan kulit kepala mereka sekaligus melengkapi rangkaian produk Kérastase favorit yang selama ini Anda gunakan," kata Reny.

Baca juga: Rambut bebas rontok dimulai dari kulit kepala sehat

Baca juga: Kulit kepala juga perlu eksfoliasi

Baca juga: Penyebab muncul jerawat di kulit kepala dan cara mengatasinya

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022