Karawang (ANTARA) - Arus lalu lintas jalan Tol Jakarta-Cikampek arah dari Jakarta ke Cikampek cukup padat, sehingga petugas melakukan rekayasa lalu lintas contra flow (lawan arus) pada Rabu atau H-5 lebaran.

Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru, dalam keterangannya, Rabu menyampaikan contra flow diterapkan dari KM 47 wilayah Karawang hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 70.

Rekayasa lalu lintas contra flow mulai diberlakukan sejak pukul 07.36 WIB, bertujuan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas.

Selain itu Jasa Marga juga telah mengoperasikan total 18 gardu tol di Gerbang Tol Cikampek Utama dari kondisi normal 15 gardu tol.

Baca juga: Jasa Marga tutup sementara Tol Layang MBZ, urai kepadatan arus mudik

Dikatakannya hal itu sudah termasuk penambahan tiga gardu tol reversible arah Trans Jawa untuk meningkatkan kapasitas transaksi.

Ia menyampaikan pihak Jasa Marga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan, memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Hal terpenting, katanya, selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. 

Baca juga: Jasa Marga siapkan fasilitas istirahat pemudik di Tol Layang MBZ

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022