Jakarta (ANTARA) - Ja Morant mencetak 18 dari 30 poinnya pada kuarter keempat, termasuk layup tiebreak pada detik terakhir, yang membuat Memphis Grizzlies mengalahkan Minnesota Timberwolves 111-109 pada Selasa (Rabu WIB) untuk memimpin playoff Wilayah Barat antara kedua tim menjadi 3-2.

Keberhasilan Morant memasukkan bola ke keranjang itu menyudahi laga di mana Pemain Terbaik NBA 2021-2022 itu mencetak 11 poin terakhir Grizzlies.

Memphis akan berusaha menuntaskan seri plyaoff berformat best-of-seven ini di Minneapolis pada Jumat waktu setempat atau Sabtu pagi WIB pekan ini.

Ketika Minnesota unggul dua poin saat 1 menit 3 detik terakhir, Brandon Clarke yang menyudahi lagi dengan 21 poin dan 15 rebound untuk Memphis, mencuri bola dari upaya tiga angka yang gagal dari Tyus Jones untuk diberikan kepada Morant.

Tembakan tiga angka Morant menjadi upaya tiga angka pertamanya malam itu, dan itu untuk pertama kalinya membawa Memphis unggul pada akhir kuarter pertama.

Timberwolves unggul sampai selisih 13 poin pada paruh kedua, termasuk dalam kuarter keempat ketika Karl-Anthony Towns memasukkan salah satu satu dari lima lemparan tiga angkanya yang berhasil masuk dari total tujuh percobaan.

Towns tuntas dengan catatan tertinggi tim 28 poin dan 12 rebound, selain membuat tiga steal dan dua blok.

Setelah lemparan tiga angka Towns membawa Minnesota unggul 92-79 ketika waktu tersisa 9 menit 38 detik, Memphis mendominasi sisa kuarter keempat.

Menyusul lemparan Morant, Minnesota memberi Towns bola saat penguasaan berikutnya, tetapi dia kehilangan kendali dalam salah umpan terakhir dari tujuh kali turnover yang dibuatnya.

Rebound Jaden McDaniels memberi Timberwolves kesempatan untuk unggul kembali, tapi Clarke berhasil membalas jumper D'Angelo Russell. Morant kemudian memasukkan dua lemparan bebas untuk memimpin tiga poin dalam 8,2 detik tersisa.

Guard Timberwolves Jordan McLaughlin yang berhasil pada semua dari empat lemparan tiga angkanya Sabtu lalu, menjemput umpan. Dia melepaskan umpan pantulan kepada Anthony Edwards yang memasukkan lemparan tiga angka pada 3,7 detik tersisa yang menyamakan kedudukan. Ini juga poin terakhir dari 22 poin yang dikemasnya dalam laga ini.

Kemudian layup Morant membuat kedudukan seri menjadi pecah untuk keunggulan Grizzlies.

Guard Grizzlies Desmond Bane mencetak 25 poin dan memblok tiga tembakan. Morant juga menyumbangkan 13 rebound, sembilan assist, dan tiga steal, demikian laporan Reuters.

Baca juga: Hempaskan Hawks 97-94, Miami Heat ke semifinal Wilayah Timur
Baca juga: Jason Kidd bilang Doncic tampil seperti tak pernah absen dari playoff
Baca juga: Raptors jaga peluang, Celtics dorong Nets ke ambang eliminasi

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022