Saya pesan kepada para pengemudi, jaga kesehatan dan jangan menjadi pembalap. Keamanan harus kita jaga
Jakarta (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bersama Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono melepas keberangkatan perdana Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Rabu.

"Pelepasan ini mengawali 24 bus pertama yang akan berangkat ke 12 kota tujuan," kata Rivan ketika menyampaikan sambutan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Rabu.

Selanjutnya, 24 bus pertama tersebut disusul dengan 225 bus lainnya, sehingga pada Rabu (27/4), sebanyak 249 bus Mudik Bersama BUMN telah bertolak dari Stadion Gelora Bung Karno menuju daerah masing-masing. Bus lainnya akan diberangkatkan pada Kamis (28/4) dan Jumat (29/4).

Melalui sambutannya, ia mengungkapkan bahwa 24 BUMN telah berhasil mengumpulkan 542 bus untuk mendukung terselenggara-nya Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022. Jumlah tersebut lebih tinggi apabila dibandingkan dengan target awal, yakni sebanyak 510 bus.

Baca juga: Menteri BUMN: Gunakan tiket online untuk cegah macet di penyeberangan

Baca juga: Dirut Jasa Raharja: Peserta mudik bersama BUMN dapat asuransi gratis


Di sisi lain, terkait dengan kereta api, Rivan mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan kereta api dengan jumlah penumpang kereta api secara keseluruhan mencapai 15.000 orang penumpang.

Jumlah pemudik yang semula diperkirakan akan sebanyak 20.000 orang pemudik pun mengalami peningkatan menjadi 24.605 pemudik, baik yang menggunakan bus maupun kereta api.

"Ini adalah satu dukungan yang luar biasa dari seluruh sahabat-sahabat kementerian dan BUMN," ujar Riva.

Dalam kesempatan yang sama, Erick Thohir mengatakan bahwa pemberian fasilitas mudik gratis kepada masyarakat Indonesia merupakan wujud pelayanan dari pemerintah, Kementerian BUMN, para direksi BUMN, serta kepolisian untuk melayani masyarakat Indonesia.

Hal ini selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk mengutamakan pelayanan kepada masyarakat. "Pejabat publik harus bisa melayani rakyatnya dengan baik," ucap Erick.

Baca juga: Peserta Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN Tahun 2022 padati GBK

Menteri BUMN ini juga mengimbau kepada para peserta mudik agar saling menghormati antar-pemudik, tidak menjadi provokator di tengah kepadatan lalu lintas, serta menjaga ketertiban untuk perjalanan yang aman dan nyaman.

"Saya pesan kepada para pengemudi, jaga kesehatan dan jangan menjadi pembalap. Keamanan harus kita jaga," kata Erick.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022