Banyumas (ANTARA) - Keberadaan layanan vaksinasi COVID-19 di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Candi 2022 Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas di Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mulai dimanfaatkan oleh pemudik.

"Tadi ada satu orang pemudik yang memanfaatkan layanan vaksinasi di sini," kata Faturahman Azis, petugas medis dari Puskesmas Pekuncen I yang ditugaskan di Pospam Ajibarang, Rabu siang.

Ia mengatakan pemudik yang berprofesi sebagai pengemudi ojek daring di Jakarta itu singgah ke Pospam Ajibarang untuk menanyakan layanan vaksinasi dosis ketiga (penguat/booster).

Setelah tahu jika di Pospam Ajibarang ada layanan vaksinasi dosis ketiga, pemudik tersebut memutuskan untuk divaksin di tempat itu sebelum melanjutkan perjalanan mudik ke kampung halamannya di Desa Darmakradenan, Kecamatan Gumelar, Banyumas.

"Beliau kebetulan belum mendapatkan vaksin 'booster' karena di Jakarta harus antre. Vaksin yang tersedia hari ini (27/4) adalah AstraZeneca," katanya.

Baca juga: Pemudik manfaatkan vaksinasi dosis ketiga di Pelabuhan Tanjung Priok
Baca juga: Pastikan tubuh dalam kondisi sehat sebelum mudik

Menurut dia, layanan vaksinasi di Pospam Ajibarang tidak hanya untuk dosis ketiga, sehingga masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama maupun kedua tetap bisa dilayani.

Disinggung mengenai kemungkinan adanya pemudik yang tujuan akhirnya bukan wilayah Banyumas namun menginginkan vaksinasi di Pospam Ajibarang, Azis mengatakan hal itu tetap akan dilayani karena usai mendapatkan vaksin akan diobservasi lebih dahulu sebelum yang bersangkutan melanjutkan perjalanannya.

"Setelah divaksin akan diminta istirahat dulu 15-30 menit sambil diinput datanya dan dilakukan observasi, setelah itu boleh melanjutkan perjalanan. Jadi setelah divaksin, tidak langsung disuruh melanjutkan perjalanan," katanya. 

Baca juga: Pemprov Jambi lengkapi posko pengamanan mudik dengan gerai vaksin

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022