Keamanan energi di seluruh dunia semakin rentan dan keamanan yang rentan biasanya datang dengan label harga yang lebih tinggi.
Singapura (ANTARA) - Harga minyak memperpanjang kenaikannya di Asia pada Rabu sore, di tengah memanasnya ketegangan geopolitik karena Rusia menghentikan pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia, sementara harapan stimulus ekonomi China mendukung prospek permintaan.

Minyak mentah berjangka Brent terangkat 67 sen atau 0,6 persen menjadi diperdagangkan di 105,66 dolar AS per barel pada pukul 06.36 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate AS naik 44 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 102,14 dolar AS per barel.

Harga minyak mentah menetap sekitar 3,0 persen lebih tinggi pada Selasa (26/4/2022) dalam perdagangan yang bergejolak karena pasar terpecah antara kekhawatiran penawaran dan permintaan atas gangguan minyak dan gas Rusia dan prospek ekonomi global yang memburuk.

Baca juga: Harga minyak perpanjang kenaikan di Asia setelah berita stimulus China

"Pasar semakin tidak stabil dan didorong oleh peristiwa," kata Howie Lee, ekonom di bank OCBC Singapura.

"Keamanan energi di seluruh dunia semakin rentan dan keamanan yang rentan biasanya datang dengan label harga yang lebih tinggi."

Raksasa energi Rusia Gazprom mengatakan pada Rabu bahwa pihaknya telah sepenuhnya menghentikan pasokan gas ke Bulgaria dan Polandia karena tidak ada pembayaran dari negara-negara tersebut dalam rubel untuk pengiriman bahan bakar, dalam eskalasi besar dari perselisihan Rusia yang lebih luas dengan Barat atas invasinya ke Ukraina yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus".

Perselisihan tersebut mengirim NYMEX ultra-low-sulfur diesel berjangka naik lebih dari 9,0 persen pada Selasa (26/4/2022) menjadi menetap di 4,47dolar AS per galon, rekor penutupan.

"Minyak didukung melalui eskalasi ketegangan geopolitik," kata Stephen Innes dari SPI Asset Management dalam sebuah catatan.

"Menghentikan aliran gas bukanlah berita baru, tetapi ini adalah waktu Rusia menyumbat aliran gas ketika ketakutan stagflasi merajalela lagi."

Baca juga: Harga minyak berbalik naik setelah anjlok, pasar pantau ekonomi China

Dana Moneter Internasional (IMF) memperingatkan pada Selasa (26/4/2022) bahwa Asia menghadapi prospek "stagflasi" karena perang Ukraina, lonjakan biaya komoditas dan perlambatan di China menciptakan ketidakpastian yang signifikan.

Bank sentral China mengatakan pada Selasa (26/4/2022) bahwa pihaknya akan meningkatkan dukungan kebijakan moneter yang hati-hati untuk ekonominya ketika Beijing berlomba untuk membasmi wabah COVID-19 yang baru muncul di ibu kota dan mencegah penguncian seluruh kota yang melemahkan yang telah menyelimuti Shanghai selama sebulan. Setiap stimulus akan meningkatkan permintaan minyak.

Meskipun penguncian diperpanjang di pasar penerbangan terbesar di Asia, permintaan penerbangan domestik China telah pulih, mendorong kapasitas maskapai global ke level tertinggi pada 2022 minggu ini, perusahaan data perjalanan OAG mengatakan pada Selasa (26/4/2022).

Dalam pasokan, data pemerintah AS tentang persediaan minyak mentah akan dirilis pada Rabu waktu setempat. Data industri pada Selasa (26/4/2022) menunjukkan stok minyak mentah dan sulingan AS naik minggu lalu sementara persediaan bensin turun.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022