Gadog, Bogor (ANTARA) - Sebanyak 30.826 kendaraan dilaporkan keluar dari Gerbang Tol (GT) Ciawi menuju Simpang Ciawi yang dapat mengarah ke Gadog-Puncak, Sukabumi, dan Kota Bogor, hingga Rabu dini hari dihitung dari Selasa (26/4) dini hari.

Angka tersebut berdasarkan data yang didapatkan dari Pos Pelayanan Terpadu Jalur Wisata Puncak Polres Bogor yang terletak di Simpang Gadog, Bogor, Rabu.

Menurut Kepala Unit Turjawali Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ardian Novianto Ashari angka tersebut menunjukkan volume kendaraan yang masih terbilang landai, menjelang arus mudik Lebaran 2022.

Baca juga: Pospam Kalimalang terapkan prinsip humanis tindak pelanggar lalin

“Di Simpang Gadong saat ini, Rabu (27/4), memang terpantau arus kendaraan sampai siang ini masih landai. Belum tampak adanya lonjakan arus kendaraan yang kita sama-sama ketahui bahwa ada saran dari pemerintah untuk melakukan mudik lebih awal,” kata Ardian saat dijumpai di Pos Pelayanan Terpadu Simpang Gadog.

Dia mengatakan bahwa pihaknya melaksanakan langkah antisipasi melalui kegiatan pengamanan KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan) untuk menangani kemungkinan lonjakan arus pemudik yang datang lebih awal, namun hingga hari ini belum ada peningkatan signifikan kendaraan yang melintas di Simpang Gadog.

Meski demikian, Ardian menyebutkan bahwa angka kendaraan yang melintas di Simpang Gadog pada tiga hari terakhir terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama pada pekan sebelumnya.

Baca juga: Penumpang di Terminal Pulo Gebang tercatat alami kenaikan 30 persen
Baca juga: Moeldoko apresiasi upaya genjot vaksinasi di jalur mudik


“Persentase masih dalam kisaran 5-10 persen, belum signifikan sehingga antisipasi menempatkan personel sepanjang Jalur Puncak yang kurang lebih 24 kilometer di titik-titik rawan kecelakaan dan kemacetan,” ujarnya.

Sebagai informasi, total jumlah kendaraan yang keluar GT Ciawi mulai pukul 05.00 WIB dini hari pada Selasa (26/4) hingga pukul 05.00 WIB dini hari pada Rabu (27/4) terhitung sebanyak 30.826 kendaraan, sementara jumlah kendaraan yang masuk Jalan Tol Jagorawi melalui GT Ciawi sebanyak 28.464 kendaraan sehingga jumlah total kendaraan yang masuk dan keluar yakni sebanyak 59.326 kendaraan.

Adapun Polres Bogor memperkirakan puncak kepadatan arus lalu lintas mudik Lebaran 2022 di Simpang Gadog dan area Simpang Ciawi pada H-1 Lebaran 2022, hari H, hingga H+1, dan seterusnya.

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022