Batang (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polres Batang, Jawa Tengah, menyiapkan skenario satu arah ("one way") kendaraan pemudik yang melintas dari arah Jakarta jalur Tol Batang-Semarang dengan melakukan sterilisasi jalur B (arah dari Semarang menuju Jakarta).

Kasatlantas Polres Batang AKP Dhayita Daneswari di Batang, Rabu, mengatakan bahwa skenario satu arah tersebut sebagai upaya mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas kendaraan dari arah barat menuju ke timur pada saat arus mudik Lebaran 2022.

"Kami sudah siapkan berbagai skenario dan yang pasti, dua jam sebelum pelaksanaan 'one way', kami akan melakukan sterilisasi di jalur B (jalur menuju Jakarta)," katanya.

Baca juga: Sebanyak 30.826 kendaraan keluar dari Tol Jagorawi melalui GT Ciawi

Demikian pula, kata dia, pihaknya akan melakukan patroli menyusuri jalur B untuk mengantisipasi pengemudi yang terjebak saat pemberlakuan jalur satu arah.

Ia mengatakan skenario jalur satu arah itu akan diberlakukan pada tanggal 28 Mei-30 Mei mulai pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Pospam Kalimalang terapkan prinsip humanis tindak pelanggar lalin
Baca juga: Moeldoko apresiasi upaya genjot vaksinasi di jalur mudik


Kemudian, kata dia, pada 29 Mei-30 Mei 2022, jalur satu arah akan dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB, sedangkan pukul 00.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB akan diberlakukan dua arah.

Dia menambahkan pihaknya sudah menyiagakan 10 personel di "rest area", jalur pantura, dan delapan personel tim urai serta setiap pintu keluar, yaitu Kandeman dan Duwet ada delapan personel.

"Kami akan terus melakukan evaluasi penanganan mudik sebelum penerapan 'one way'. Evaluasi terus dilakukan dengan tujuan agar saat penerapan 'one way' bisa berlangsung lancar," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022