Jakarta (ANTARA) - Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Andi Widjajanto melantik Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah sebagai Wakil Gubernur Lemhannas RI untuk menggantikan Marsdya TNI Wieko Syofyan, di Kantor Lemhannas RI, Jakarta, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah mengucapkan sumpah janji sebagai wakil gubernur.

"Saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah, dan pegawai negeri," kata Fadhilah saat mengucapkan Pengangkatan Sumpah Janji sebagai Wagub Lemhannas dalam siaran persnya.

Upacara Pelepasan Jabatan, Pelantikan, dan Pengangkatan Sumpah Janji Pejabat Wakil Gubernur Lemhannas RI juga dihadiri oleh Sekretaris Utama, para deputi, pimpinan eselon II, dan perwakilan eselon III.

Pengangkatan ini berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 52/TPA Tahun 2022 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia dan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/271/III/2022 tentang Pemberhentian dari Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia pada tanggal 25 Maret 2022.

Sebelum menjabat sebagai Wakil Gubernur, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Politik Lemhannas RI.

Baca juga: Wapres minta Lemhannas bentuk tim kaji khusus terkait Papua

Baca juga: Lemhannas dorong TNI AU kembangkan siber hadapi perang generasi kelima


Oleh karena itu, Andi WIdjajanto berharap transisi dapat lebih mudah dilakukan oleh Mayjen Fadhilah sebagai Wagub Lemhannas.

Mayjen TNI Fadhilah merupakan lulusan Akademi Militer angkatan 1988, ia juga pernah menjabat di posisi strategis antara lain Kadispenad, Kasdam IV/Diponegoro, Kapuspen TNI, dan Pangdam I/Bukit Barisan.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Widjajanto memberikan apresiasi atas pengabdian Marsdya TNI Wieko Syofyan yang menjabat sebagai wakil gubernur selama tiga tahun.

"Tidak hanya saat menjabat sebagai Wakil Gubernur, tapi juga ketika menjabat sebagai Plt. Gubernur Lemhannas RI. Hari ini saya sebagai Gubernur Lemhannas RI mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya atas pengabdian dan kerja keras yang Bapak Wieko dan Ibu telah lakukan selama ini di Lemhannas RI," kata Andi.

Baca juga: Gubernur Lemhanas: Indonesia miliki kerawanan strategis

Selama bekerja bersama Marsdya TNI Wieko Syofyan, Gubernur Andi banyak mendapatkan masukan sehingga membantu perannya sebagai pimpinan Lemhannas RI.

"Sebentar lagi Pak Wieko akan masuk ke masa purnabakti, tapi saya yakin sebagai prajurit, sebagai perwira, pengabdian Pak Wieko pada bangsa dan negara dalam bentuk yang lain akan tetap Pak Wieko jalankan karena itulah karakter prajurit, karakter perwira. Pengabdian tidak akan henti sampai akhir hayat," ucap Andi Widjajanto.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022