Pemanfaatan sudah mulai kelihatan
Bantul (ANTARA) -
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa akan menjadi kebutuhan bagi setiap desa untuk memetakan masalah dan potensi perdesaan itu.
 
"Ini akan menjadi kebutuhan bagi desa karena dengan SDGs desa ini bisa dipetakan secara lebih detail, lebih mikro berbagai permasalahan dan potensi," kata Menteri Desa usai menghadiri Gelar Pembacaan dan Pemanfaatan Data SDGs Desa di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu.
 
Dengan demikian, kata Menteri Desa, bukan hanya masalah atau persoalan desa misalnya kemiskinan dan sebagainya yang bisa dipetakan, tetapi potensi misalnya terkait dengan potensi alam dan lingkungan sebagai acuan pembangunan desa.
 
"Kan ada desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa peduli iklim kemudian tempat tinggal yang nyaman dan damai, desa berkeadilan ini kan potensi yang kemudian bisa dieksplorasi sedemikian rupa," katanya.

Baca juga: Mendes PDTT dorong desa manfaatkan teknologi guna percepat pembangunan

Baca juga: Mendes PDTT: SDGs Desa ke-18 penting untuk rancang pembangunan desa

 
Maka dari itu, kata Menteri, SDGs Desa ini sifatnya mikro datanya, karena sudah membicarakan by name by address (dengan nama dengan alamat), juga by locus (wilayah).

"SDGs itu bicara tentang kewilayahan dan kewargaan, kewilayahan itu desa sampai rukun tetangga, kemudian kewargaan mulai dari KK (keluarga) sampai warga, jadi detail banget, itulah makanya saya bilang sebagai kebutuhan untuk kepentingan arah pembangunan di desa," katanya.
 
Menurut dia, program SDGs di seluruh desa di Indonesia sudah berjalan, bahkan sudah banyak yang selesai pendataan, namun demikian saat ini Kementerian Desa PDTT mendorong agar desa bisa membaca dan memanfaatkan data tersebut untuk pembangunan.
 
Di Kabupaten Bantul, DIY sendiri ada dua desa yang menjadi lokasi simulasi gelar Pembacaan dan Pemanfaatan Data SDGs Desa, yaitu di Desa Munthuk Kecamatan Dlingo, dan Desa Segoroyoso Kecamatan Pleret.
 
"Jadi sekarang ini pada tahap pembacaan dan pemanfaatan, tadi bagus pembacaan, sudah 100 persen benar, pemanfaatan sudah mulai kelihatan meskipun di 2022 ini belum terimplementasi sepenuhnya, tapi pak lurah bilang 2023 sudah fokus betul betul implementasikan dengan berbagai masalah dan penanganannya," katanya.

Baca juga: Data desa jadi kunci penting percepatan pembangunan desa

Baca juga: Mendes: Program Tekad dukung capaian SDGs desa

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022