kami memastikan seluruh pemudik telah melakukan vaksin hingga booster, kedua, kami telah berkoordinasi dengan segenap stakeholders dan instansi terkait untuk memastikan seluruh kesiapan hingga kegiatannya aman
Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) / Pelindo Group memberangkatkan 2.500 peserta Mudik Bersama BUMN tujuan Yogyakarta, Solo dan Surabaya menggunakan sebanyak 50 armada bus dari Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu.

Pelepasan Mudik Bersama BUMN dilakukan secara simbolik oleh Menteri BUMN Erick Thohir bersama segenap direksi BUMN yang berkontribusi dalam kegiatan ini, termasuk Pelindo Group.

Direktur Utama Arif Suhartono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya turut berupaya untuk mewujudkan mudik aman dan sehat.

"Pertama, kami memastikan seluruh pemudik telah melakukan vaksin hingga booster, kedua, kami telah berkoordinasi dengan segenap stakeholders dan instansi terkait untuk memastikan seluruh kesiapan hingga kegiatannya aman," katanya.

Pelindo Group menjadi BUMN terbesar ketiga yang berkontribusi dalam memfasilitasi kepulangan pemudik ke daerah asalnya.

Secara total, sebanyak 542 armada bus disediakan oleh 26 perusahaan BUMN untuk 24.605 pemudik. Para pemudik tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti program kegiatan ini.

Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan program mudik gratis bertema "Mudik Aman, Mudik Sehat" menjadi tanggung jawab BUMN untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selain tetap memastikan profitabilitas perusahaan.

"Saya berpesan kepada para pemudik, saya sangat berharap untuk saling menjaga keamanan dan kenyamanan, saling peduli terhadap sesama dan memelihara kerukunan selama mudik," ujar Erick.

Tingginya antusiasme peserta mudik gratis yang menggunakan bus membuktikan bahwa program mudik gratis sangat bermanfaat bagi warga Jakarta dan sekitarnya.

Program mudik gratis itu juga merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang sebelumnya rutin dilakukan Pelindo setiap tahun.

Selama bulan Ramadhan ini, Pelindo Group juga memiliki rangkaian program Pelindo Berbagi Ramadan antara lain adalah pemberian sembako gratis untuk masyarakat umum dan Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yakni sebanyak lebih dari 54.800 paket sembako yang tersebar di seluruh wilayah yang dikelola Pelindo.

Selain itu, Pelindo Group juga memberikan santunan kepada lebih dari 4.000 anak yatim piatu serta pembagian 36.400 paket takjil selama periode puasa Ramadhan.


Baca juga: Angkasa Pura I resmi operasikan Posko Angkutan Lebaran 2022
Baca juga: Kimia Farma berangkatkan ratusan pemudik program bersama BUMN 2022
Baca juga: Jumlah pemudik di Terminal Kampung Rambutan H-5 Lebaran masih stabil

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022