Ini akan memberikan kenyamanan bagi pemudik. Baik itu di tempat melakukan mudik maupun nanti liburan saat lebaran
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan dukungan informasi cuaca di sepanjang jalur mudik Lebaran 2022.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto dalam siniar dipantau di Jakarta, Rabu, mengatakan informasi yang diberikan meliputi informasi cuaca penerbangan, peringatan dini tiap 3 jam, hingga sepanjang jalur mudik Jawa, Sumatera dan Kalimantan.

Selain itu, BMKG juga memberikan informasi cuaca bagi pemudik yang menggunakan transportasi jalur laut, dengan informasi gelombang tinggi dan informasi rute pelabuhan ke pelabuhan.

Baca juga: Kepala BMKG: Perempuan isi sense of crisis peringatan dini bencana

"Ini tidak kurang dan tidak lebih akan memberikan kenyamanan bagi pemudik. Baik itu di tempat melakukan mudik maupun nanti liburan saat lebaran," kata Guswanto.

Layanan tersebut dapat diakses melalui aplikasi info BMKG, call center 196, dan pada 190 Unit Pelaksana Teknis BMKG di seluruh Indonesia.

"Di mana pada saat mudik ini mereka melayani semua kebutuhan masyarakat akan informasi meteorologi, klimatologi dan geofisika, untuk mudik secara aman," kata Guswanto.

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah di Indonesia diguyur hujan lebat

Baca juga: BMKG: Aceh potensi diguyur hujan dan angin kencang hingga Idul Fitri


Selain itu, BMKG juga mendirikan sejumlah posko pelaksanaan mudik. Pertama di Kantor Pusat BMKG di Kemayoran, Jakarta untuk operasional.

Kemudian BMKG juga mendirikan posko mudik bersama kementerian/lembaga terkait di jalur mudik. Ada juga kantor gabungan di ASDP Pelabuhan Merak, Banten dan Posko Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

Selain itu ada 34 posko koordinator, yang tugasnya melakukan koordinasi di tingkat daerah untuk berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Baca juga: BMKG imbau pemudik waspada potensi hujan di jalur selatan Jateng

Baca juga: Badan Geologi pantau penumpukan badan Anak Krakatau berpotensi tsunami




 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022