Kota Pekanbaru (ANTARA) - Satu unit helikopter bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berjenis Bell 412 EP dengan nomor register PK URA telah tiba di Riau, Rabu (27/4) guna mengantisipasi Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di provinsi tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, di Pekanbaru, Rabu mengatakan saat ini helikopter tersebut berada di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, helikopter tersebut diproyeksikan untuk melakukan patroli udara memantau Karhutla.

"Satu unit helikopter bantuan dari KLHK sudah tiba di Riau sekitar pukul 14.30 WIB tadi," kata Edy Afrizal.

Baca juga: Kisah perempuan-perempuan tangguh pilot helikopter pembom air

Lebih lanjut dikatakannya, selain untuk melakukan patroli udara, helikopter tersebut jika dibutuhkan bisa juga untuk kegiatan water boombing dengan kapasitas bucket 1.200 liter.

"Jika dibutuhkan juga bisa untuk melakukan water boombing, terutama untuk wilayah yang sulit dijangkau," ujarnya.

Selain dari KLHK, pihaknya saat ini juga sedang menunggu bantuan helikopter untuk penanganan Karhutla dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Karena surat usulan sudah dikirimkan beberapa waktu lalu.

"Kami juga masih menunggu bantuan helikopter dari BNPB, mudah-mudahan dalam waktu dekat segera datang dan ketika terjadi Karhutla bisa langsung segera ditangani," katanya.

Baca juga: Basarnas RI bakal beli tiga helikopter AW169 dari Italia tahun ini

Pewarta: Frislidia
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022