Banda Aceh (ANTARA) - Desa Gampong Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin di Banda Aceh, Rabu, mengatakan bangga karena masih ada perwakilan dari Aceh yang masuk dalam 50 besar ADWI 2022, yaitu Gampong Ulee Lheue.

"Sebelumnya, tiga desa wisata di Aceh masuk 100 besar ADWI. Setelah penilaian lebih lanjut tim Kemenparekraf, Gampong Ulee Lheue masuk 50 besar anugerah desa wisata," kata Jamaluddin menyebutkan.

Jamaluddin mengharapkan Gampong Ulee Lheue terus berbenah dan berinovasi, serta kemudian memperbaiki dan mengikuti kriteria yang menjadi penilaian dewan juri, sehingga bisa meraih hasil maksimal dalam ADWI 2022.

"Kami bersyukur dari Aceh masih ada perwakilan desa wisata yaitu Gampong Ulee Lheue. Saya berharap desa wisata ini bisa meraih hasil yang maksimal di Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun ini," kata Jamaluddin.

Kemenparekraf mengumumkan 50 besar desa wisata di seluruh Indonesia yang masuk dalam tahap kurasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pengumuman 50 besar desa wisata itu disampaikan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. Menparekraf mengucapkan selamat kepada 50 desa wisata yang masuk 50 besar.

"Selamat saya ucapkan bagi desa wisata yang berhasil lolos menjadi 50 desa wisata terbaik ADWI 2022. Kami meminta desa wisata tersebut untuk terus berinovasi," kata Sandiaga.

Selanjutnya, ke-50 desa wisata tersebut akan dikunjungi dewan juri ADWI 2022 untuk melihat secara langsung bagaimana pengelolaan dan pembangunan potensi pariwisata. Kunjungan tersebut bagian dari penilaian ADWI 2022.

"Ayo bersama-sama kita wujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing global dan berkelanjutan, untuk Indonesia bangkit. Teruslah berinovasi mengembangkan desa wisata serta menjadi yang terbaik," kata Sandiaga.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Slamet Hadi Purnomo
Copyright © ANTARA 2022