Jakarta (ANTARA) - Timnas catur Indonesia menjadikan gelaran catur kilat bertajuk Japfa Ramadhan Cup 2022 di Gedung Serbaguna, Senayan, Jakarta, 27-28 April, sebagai ajang pemanasan jelang tampil pada SEA Games Hanoi, Vietnam.

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) GM Utut Adianto mengatakan catur kilat merupakan nomor unggulan Indonesia. Pada SEA Games edisi sebelumnya di Filipina pada 2019, Merah Putih meraih dua medali emas pada nomor ini masing-masing melalui Susanto Megaranto (Men's blitz) dan Medina Warda Aulia (Women's blitz).

"Jadi Ramadhan Cup 2022 ini cocok untuk dijadikan persiapan pertandingan untuk para pecatur Indonesia yang nanti berlaga di Hanoi pada Mei mendatang,” ujar GM Utut Adianto dalam acara pembukaan ajang tersebut di Gedung Serbaguna, Rabu.

Baca juga: Timnas catur tengah fokus pelajari permainan lawan di SEA Games Hanoi

GM Utut juga mengungkapkan persiapan pecatur Indonesia berjalan lancar dan telah melakukan try-in di Bali. Dengan serangkaian kegiatan yang dilakukan, GM Utut berharap dapat mencapai target yakni meraih tiga medali emas pada SEA Games Hanoi.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengapresiasi langkah PB Percasi yang terus melakukan upaya untuk mematangkan persiapan atlet Indonesia dalam menghadapi SEA Games Hanoi yang akan bergulir pada 12-23 Mei.

"Jadi turnamen catur kilat bergulir dalam rangka persiapan untuk SEA Games yang dilakukan oleh PB Percasi kemudian didukung oleh PT Japfa. Nomor yang dipertandingkan juga ada pada SEA Games Hanoi," kata Amali.

Adapun Blitz Chees Tournament Japfa Ramadhan Cup 2022 diikuti 236 peserta dari 16 provinsi. Pecatur kenamaan bergelar GM seperti GM Ruslan Scherbakov dan GM Cerdas Barus turut hadir menjadi peserta.

Baca juga: Percasi berharap bisa meraih lebih dari dua emas pada SEA Games Hanoi

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022