Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa menarik terkait dengan isu perkotaan dan kebijakan Pemprov DKI Jakarta terjadi sepanjang Rabu (27/4).

Mulai dari stok pangan di Jakarta yang dinilai aman hingga DKI Jakarta  menjadi tuan rumah Forum Transportasi Cerdas Pasifik 2024.

Berikut rangkuman  peristiwa kemarin yang masih menarik untuk disimak dan menemani aktivitas Kamis pagi ini.

1. Stok pangan di DKI Jakarta aman

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebutkan stok bahan pangan strategis di Jakarta aman menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

Anies melakukan peninjauan ketersediaan stok pangan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu.

Dalam peninjauan itu yang dilakukan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Satgas Pangan DKI Jakarta itu, Anies meninjau sejumlah komoditas pangan strategis seperti beras, daging sapi/kerbau, daging ayam, telur ayam dan lainnya.

"Hasil peninjauan kali ini terbukti bahwa kondisi ketersediaan komoditas pangan di Jakarta tercukupi. Ada penurunan harga juga untuk beberapa komoditas," katanya.

baca di sini

2. Beban Jakarta berat jadi alasan pemindahan IKN

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Konsultan Nasional Seluruh Indonesia (Inkindo), Peter Frans mengatakan, beban Jakarta yang selama ini sudah terlalu berat menjadi alasan untuk memindahkan Ibu Kota Negara.

"Penurunan muka tanah, banjir, hingga kepadatan lalu lintas menunjukkan beban berat kota Jakarta yang bisa menjadi alasan pemindahan IKN," kata Frans dalam diskusi virtual bertajuk "Ibu Kota Pindah Untuk Siapa?" di Jakarta, Selasa (26/4) malam.

Bahkan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ini sudah disiapkan kepala negara sebelumnya termasuk rencana memindahkan ke Jonggol, Kabupaten Bogor, karena pertimbangan-pertimbangan tersebut.

baca di sini

3. Area timur JIS batal digunakan Shalat Idul Fitri 2022

Jakarta (ANTARA) - Kepala Bagian Mental Spiritual Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Aceng Zaini mengatakan, area sebelah timur Jakarta International Stadium (JIS) batal digunakan Shalat Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Info terakhir, area ramp timur JIS batal digunakan untuk jamaah Shalat Id dikarenakan (posisi)
kemiringannya," kata Aceng di Jakarta, Rabu.

Menurut Aceng, apabila "ramp" timur tidak dipakai maka daya tampung jamaah di JIS berkurang.

baca di sini

4. Jakarta jadi tuan rumah forum transportasi cerdas Asia Pasific 2024

Jakarta (ANTARA) - Jakarta terpilih menjadi tuan rumah pelaksanaan forum transportasi cerdas (Intelligent Transport System/ITS) Asia Pasific ke-19 atau The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

Presiden ITS Indonesia, William P Sabandar melalui keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, mengapresiasi berbagai pihak atas dukungan pada proses "bidding" ITS Indonesia untuk menjadi penyelenggara The 19th ITS Asia Pacific Forum pada 2024.

"Khususnya kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia Bapak Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Rasyid Baswedan," kata William.

baca di sini

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022