Keberadaan personel akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik
Jambi (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Jambi memastikan untuk jalur mudik di provinsi itu aman setelah dilakukan pengecekan di sejumlah daerah seperti di Kabupaten Batanghari, Tebo, dan Bungo.

Kepala Biro Operasi Polda Jambi Kombes Pol Feri Handoko di Jambi Kamis mengatakan, pengecekan dilakukan untuk memastikan jalur mudik aman dari aksi kriminalitas seperti bajing loncat, rampok dan begal di jalur mudik wilayah Jambi belum ada kejadiannya.

Baca juga: Polres Karawang: Petugas buka tutup "contra flow" atasi kepadatan arus

Untuk memastikan keamanan pemudik, Polda Jambi dan instansi terkait lainnya mengerahkan ribuan personel untuk melakukan pengamanan. Terdapat 3.244 personel dikerahkan dan didirikan juga 36 pos pengamanan dan 13 pos pelayanan di seluruh wilayah Jambi.

"Keberadaan personel akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik," kata Feri Handoko.

Kepolisian juga mengimbau para pemudik, khususnya yang menggunakan kendaraan pribadi, untuk tidak memaksakan diri berkendara dan jika merasa lelah atau mengantuk, pemudik disarankan untuk beristirahat jangan memaksakan diri demi keselamatan di jalan.

Baca juga: Polda Metro berlakukan "contraflow" di KM 47 akibat lalu lintas padat

Sementara itu Polres Muaro Jambi lakukan pengecekan jalan, rambu- rambu jalan dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di sejumlah SPBU untuk mempermudah para pengendara yang melintasi jalur lintas timur sumatera di wilayah Polres Muaro Jambi.

Sementara itu Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja mengatakan bahwa Satlantas, Tim BPJN Provinsi Jambi, Jasa Raharja Cabang Muaro Jambi, Kadis Perhubungan, Kadis Koperindag dan Kasat Reskrim Polres Muaro Jambi, telah melakukan pengecekan rambu-rambu jalan, kondisi jalan dan ke tempat pengisian BBM di sejumlah SPBU.

Baca juga: Polisi: Kecelakaan sejumlah bus di Tol Cikarang hanya rugi materi

"Kegiatan itu dalam rangka OPS ketupat 2022, melakukan pengecekan daerah atau rawan kecelakaan, kemacetan, jalan bergelombang, jalan berlubang, pengecekan rambu rambu atau spanduk imbauan arus mudik lebaran," kata Yuyan.

Kegiatan tersebut guna mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Muaro Jambi, serta melakukan pengecekan pendistribusian BBM.

Selain itu juga melakukan pengecekan di Jalan Lintas Sumatera Jambi-Palembang, Jalan Lintas Sumatera Jambi- Riau, Jalan Lintas Sumatera Jambi-Padang (Jaluko) dan Posko BPJN di KM 17 Pondok Meja Mestong atau posko alat berat antisipasi kendaraan yang mengalami laka lantas atau kerusakan di jalan.

Pihak kepolisian juga meminta kepada dinas terkait untuk rambu- rambu atau spanduk himbauan telah terpasang dan ditambah kembali untuk wilayah rawan kecelakaan lalulintas baik di tanjakkan maupun di tikungan, dan menempatkan pita kejut di daerah rawan kecelakaan.

Polres Muaro Jambi juga juga telah berkoordinasi dengan BPTD Provinsi Jambi mengenai penerangan jalan, agar nanti para pemudik dari Muaro Jambi maupun dari luar Provinsi Jambi yang melintas bisa aman dan nyaman dalam berkendara.

"Saya imbau kepada para pemudik yang membawa kendaraan sendiri maupun para sopir angkutan penumpang agar selalu menjaga kesehatan dan stamina, antisipasi Lakalantas di jalan raya," tegas AKBP Yuyan Priatmaja.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022