Jakarta (ANTARA) - Blibli dan tiket.com meluncurkan widget single sign-on (SSO), merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa login aplikasi berbeda menjadi satu, untuk kemudahan akses antar platform.

Dengan SSO, pengguna hanya perlu memasukkan kredensial login mereka (nama pengguna, sandi, dll) satu kali pada satu halaman untuk mengakses beberapa ekosistem.

Baca juga: Jangan dibuang, Blibli ajak manfaatkan bekas kemasan belanja "online"

Melalui widget SSO, pengguna Blibli dapat mengakses tiket.com melalui platform Blibli dengan akun yang sama yang terdaftar di Blibli.

Widget SSO menawarkan pengalaman omnichannel yang lebih optimal dan kohesif bagi pengguna Blibli dan Tiket.com untuk memenuhi kebutuhan, mulai dari bahan pangan, elektronik konsumen, rumah dan tempat tinggal, utilitas, hingga perjalanan dan liburan.

“Kami berkomitmen meningkatkan ekosistem digital yang lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen mulai dari kebutuhan harian hingga kini Blibli dan tiket.com single sign-on, serta pelayanan travel dan lifestyle,” ungkap CMO of Blibli Edward K. Suwignjo dalam rilis pers, dikutip Kamis.

Dalam proses pemutakhiran ini, pengguna bisa membuat dan/atau mencocokkan akun dengan mudah. Kemudian, mereka dapat menikmati jajaran manfaat peningkatan keanggotaan mengikuti level tertinggi dari kedua platform.

Baca juga: Jelang Ramadhan, minyak goreng dan sirup pimpin transaksi di Blibli

Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa mengatakan sebagai agen travel online (OTA) dengan fokus customer-centric, inovasi ini bertujuan untuk memaksimalkan kemudahan bagi pelanggan.

"Ekosistem cerdas yang terintegrasi akan memenuhi setiap kebutuhan masyarakat Indonesia sehingga dapat memberikan makna bernilai bagi kehidupan masyarakat," kata dia.

Fitur SSO ini tersedia di Android dan iOS. Untuk menikmati SSO, pengguna Blibli dan tiket.com cukup membuka aplikasi Blibli dan pilih widget tiket.com di menu kategori, lalu pilih tombol “Match Now” yang tersedia pada laman onboarding.

Pengguna akan mendapatkan permintaan konfirmasi untuk mengizinkan tiket.com mengakses data, pilih “Allow Access” dan masukkan OTP dari nomor yang terdaftar.

Baca juga: Tiket konser Justin Bieber dijual 29 Maret, Blibli siapkan 8 kategori

Jika pelanggan memilih “Cancel”, tiket.com masih tetap bisa dikunjungi melalui pilihan Webview tanpa mengakses akun. Jika akun Blibli tidak teregistrasi di tiket.com maka akun baru akan otomatis dibuat dan teregistrasi secara langsung dengan menggunakan email yang sama dalam akun Blibli.

Jika pelanggan sudah pernah mencocokkan akun kedua aplikasi, maka pelanggan akan diarahkan ke tiket.com Webview dan masuk dalam akun yang sudah sesuai.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas untuk pertama kalinya, akun pengguna dan level loyalty akan disetarakan. Pada kunjungan ke platform berikutnya, pengguna hanya perlu mengakses melalui satu akun dan berbelanja seperti biasa.

Blibli dan tiket.com mengajak pelanggan untuk segera menyatukan akun untuk pengalaman berbelanja yang lebih terintegrasi.

“Sebagai omnichannel commerce terpercaya dan OTA yang paling consumer-centric, Blibli dan tiket.com berharap Blibli Friends dan Sobat Tiket dapat segera merasakan manfaat dari single sign-on ini untuk gaya hidup yang serba praktis, cepat, dan mudah.” Ujar Edward.

Sejalan dengan akuisisi tiket.com oleh Blibli pada tahun 2017, kedua platform ini terus mengembangkan layanan dengan menyatukan fitur-fitur melalui rewards parity bagi pengguna, serta berbagai manfaat tambahan lainnya yang mendorong pertumbuhan pengguna.


Baca juga: Cegah barang palsu & bajakan, Blibli pastikan "seller" patuhi HKI

Baca juga: KAI: Tiket Jateng-Jatim sudah terjual hingga 95-99 persen

Baca juga: Tiket KA Lebaran dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen masih tersedia

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022