pemudik  didominasi  pengguna sepeda motor
Jakarta (ANTARA) - Jumlah kendaraan yang melintas di jalur Kalimalang, Duren Sawit, Jakarta Timur, meningkat hingga 30 persen dibanding saat normal imbas dari warga yang melakukan perjalanan mudik pada H-4 Lebaran 1443 Hijriah.

Kepala Pos Pengamanan Pelayanan Mudik Polsek Duren Sawit, Ipda Junaedi Effendi mengatakan pemudik  didominasi  pengguna sepeda motor meski tak disebut volume yang melintas.

"Kalau menurut perkiraan sudah  25-30 persen peningkatannya," kata Junaedi Effendi di Jakarta, Kamis.

Junaedi menambahkan pemudik sepeda motor itu biasanya mulai melakukan perjalanan ke kampung halaman melalui jalur Pantura pada malam hari selepas buka puasa untuk menghindari terik matahari.

"Start pemudik sepeda motor lebih banyak malam hari. Kira-kira setelah shalat Isya atau setelah shalat Tarawih. Kalau sore didominasi warga yang berdomisili di Jakarta, terutama yang pulang kerja," ujar Junaedi.

Junaedi menuturkan  telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Kalimalang, tepatnya di Pangkalan Jati apabila terjadi kepadatan.

Sebab, dia memprediksi volume kendaraan di Jalan Raya Kalimalang akan meningkat hingga Lebaran.

"Bila ada arus lalu lintas padat atau mungkin nanti kita belokkan ke kiri, Pondok Bambu, terus ke Jalan I Gusti Ngurah Rai nantinya tembus ke Bintara dan lanjut ke Bekasi," tutur Junaedi.
Baca juga: Polres Karawang: Petugas buka tutup "contra flow" atasi kepadatan arus
Baca juga: Polda Metro berlakukan "contraflow" di KM 47 akibat lalu lintas padat
Baca juga: Polisi: Kecelakaan sejumlah bus di Tol Cikarang hanya rugi materi

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022