Bandarlampung (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Lampung telah menyiapkan skema rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi kepadatan tinggi pada mudik 2022.

"Skenario jika kepadatan tinggi terjadi pada mudik Lebaran 2022 sudah disiapkan, salah satunya saat arus balik," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Lampung, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan, skema rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan tinggi itu disiapkan setelah melihat adanya tren peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan yang turun dari Bakauheni dalam sepekan terakhir.

Baca juga: Kesiapan "pintu gerbang" Sumatera sambut mudik pasca-COVID-19 melandai

"Rekayasa lalulintas yang disiapkan melalui tiga skema yaitu posisi hijau, kuning, dan merah. Ini disiapkan karena kita lihat tren peningkatan sudah ada dan memang di dominasi kendaraan roda empat," katanya.

Dia menjelaskan, tiga skema tersebut yaitu untuk situasi hijau antrean kendaraan masih dalam batas normal yakni masih kurang dari 1 kilometer, lalu untuk situasi kuning kepadatan kendaraan sudah melebihi 1 kilometer dan nanti akan ada alternatif pengalihan kendaraan barang bukan prioritas ke arah Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.

"Sedangkan untuk situasi merah atau sangat padat dimana antrean sampai 4 kilometer maka semua rest area dijadikan kantong parkir, bahkan kalau masih kurang kita gunakan jalan tol sebagai kantong parkir," ucapnya.

Ia melanjutkan, rest area dipilih sebagai kantong parkir karena semua fasilitas penunjang bagi pemudik telah tersedia disana. Lalu nantinya penguraian kepadatan akan dilakukan secara estafet dari area rehat jalan tol.

"Jadi nanti diurai secara estafet kalau di rest area kilometer 20 B kosong dari 33 B bisa masuk begitu seterusnya hingga pemudik bisa masuk ke area pelabuhan penyeberangan," katanya.

Menurutnya, akan ada pula pengaturan bagi kendaraan bermotor menuju pelabuhan, dimana akan dilakukan kanalisasi agar tidak ada persimpangan dengan kendaraan yang dari arah tol.

"Jadi kita juga lakukan kanalisasi bagi sepeda motor yang hendak ke pelabuhan dari arah Gerbang Tol Bakauheni Selatan. Ini dilakukan untuk menghindari adanya persimpangan yang menyebabkan kemacetan dengan kendaraan yang dari arah tol," tambahnya.

Menurutnya, untuk memberi kenyamanan dan menjamin keamanan pemudik Polda Lampung juga telah menyediakan 81 Pos Pengamanan (pos pam) dan Pos Pelayanan (pos yan). Dimana dari Tol Bakauheni Selatan hingga perbatasan Mesuji tepatnya di rest area KM 234 telah disediakan 17 pos.

"Diharapkan dengan adanya persiapan rekayasa lalu lintas ini bisa membantu pemudik agar bisa mudik lebih aman dan nyaman," katanya pula.

Baca juga: Kapolda Lampung sarankan ASDP tambah dermaga bagi sepeda motor
Baca juga: PT HK siapkan skema antisipasi kepadatan arus mudik-balik di JTTS
Baca juga: Basarnas Lampung siapkan 105 personil khusus jelang Lebaran 2022
Baca juga: Otoritas Pelabuhan Bakaheuni buka kapasitas maksimal saat arus balik

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022