Jakarta (ANTARA) - Anda yang ingin menghidangkan makanan manis kukus saat lebaran nanti, mungkin bisa memilih brownies. Kue cokelat itu bisa Anda sajikan dalam berbagai bentuk seperti persegi atau persegi panjang dan dibuat cakey tergantung kepadatannya.

Seorang ibu rumah tangga yang juga mengelola toko kue "La Ranta Bolu Pisang", Sandra Firnawati melalui pesan elektroniknya kepada ANTARA membagikan resepnya untuk Anda. Dia membagi bahan-bahan kue menurut cara pembuatannya.

Baca juga: Resep tahu bakso Semarang untuk camilan buka puasa

Berikut resepnya:

1. Bahan yang dicairkan dengan cara ditim yakni 120 gram margarin dan 100 gram cokelat batang. Setelah kedua bahan mencair, aduk sampai rata lalu tambahkan 60 gram atau 1,5 sachet kental manis (1 sachet setara 40 gram).

2. Bahan yang dicampur lalu diayak yaitu 100 gram terigu, 35 gram coklat bubuk, 1 sendok teh baking powder dan sejumput garam.

3. Bahan yang dikocok yakni 4 butir telur, 150 gram gula pasir, 1 sendok teh sp, 1 sendok teh vanilla cair. Kocok semua bahan dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang, putih,kental dan berjejak.

4. Setelahnya, matikan mixer lalu masukan bahan nomor 2 dan nomor 1 kemudian kocok lagi menggunakan mixer hingga rata.

5. Masukkan adonan ke dalam loyang dan kukus kurang lebih selama 35-40 menit.

6. Setelah matang, keluarkan kue dari loyang, kemudian beri topping butter cream dan keju parut.

Baca juga: Menu Lebaran - Gulai ayam khas Padang

Baca juga: Menu lebaran - Opor ayam

Baca juga: Resep terong bakar sambal santan mudah dan cepat

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022